Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan Pengguna Indonesia Tour Guide

Pendahuluan

PT Karya Jungpara Nusantara (selanjutnya disebut “Indonesia Tour Guide”) adalah suatu perseroan terbatas yang bergerak di bidang digital service. Indonesia Tour Guide dalam hal ini menyediakan Platform perdagangan elektronik (marketplace) dalam industri jasa pariwisata, di mana Pengguna Jasa / wisatawandapat melakukan transaksi jual-beli jasa menggunakan berbagai fitur serta layanan yang tersedia. Setiap pihak yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mengakses Platform Indonesia Tour Guide untuk kemudian membeli jasa pariwisata, menggunakan fitur/layanan, atau hanya sekadar mengakses/mengunjungi Platform Indonesia Tour Guide. Sebagai sarana mempertemukan antara penyedia jasa dan penggunana jasa pariwisata dalam Platform perdagangan elektronik, Indonesia Tour Guide menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para Pengguna.

Aturan Penggunaan ini mengatur penggunaan seluruh layanan yang terdapat pada Platform Indonesia Tour Guide yang berlaku terhadap seluruh Pengguna Jasa / wisatawan dan terhadap setiap Pihak yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada Indonesia Tour Guide. Dengan mendaftar akun Indonesia Tour Guide dan/atau menggunakan Platform Indonesia Tour Guide, maka Pengguna Jasa / wisatawan dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Aturan Penggunaan.

ATURAN PENGGUNAAN INI MERUPAKAN BENTUK KESEPAKATAN YANG MERUPAKAN PERJANJIAN MENGIKAT ANTARA PENGGUNA JASA / WISATAWANDENGAN INDONESIA TOUR GUIDE. PENGGUNA JASA / WISATAWANSECARA SADAR DAN SUKARELA MENYETUJUI KETENTUAN INI UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN DI PLATFORM INDONESIA TOUR GUIDE.

Dalam Aturan Penggunaan ini, sepanjang tidak ditentukan lain, istilah-istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Pengguna Jasa / wisatawan adalah pihak (terdaftar/tidak terdaftar) yang mengakses Platform Indonesia Tour Guide, termasuk namun tidak terbatas pada Pengguna Jasa / Wisatawan Jasa / wisatawan yang wajib mematuhi Aturan Penggunaan Indonesia Tour Guide beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Indonesia Tour Guide.
  2. Akunadalah data tentang Pengguna, minimum terdiri dari usernamepassword, nomor telepon, dan email yang wajib diisi oleh Pengguna Jasa / wisatawanTerdaftar.
  3. Platform Indonesia Tour Guideadalah situs resmi indonesiatourguide.co.id dan seluruh microsite resmi beserta aplikasi resmi Indonesia Tour Guide (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna.
  4. Jasa Wisataadalah suatu objek yang memiliki wujud dan nilai jual beli yang memenuhi kriteria pelayanan pihak penyelenggara jasa pariwisata.
  5. Layananadalah secara kolektif: (i) Platform Indonesia Tour Guide; (ii) Konten, fitur, layanan, dan fungsi apa pun yang tersedia di atau melalui Platform oleh atau atas nama Indonesia Tour Guide; dan pemberitahuan email, tombol, widget, dan iklan.
  6. Aturan Penggunaanadalah perjanjian antara Pengguna Jasa / wisatawan dan Indonesia Tour Guide yang berisi seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna Jasa / wisatawandan Indonesia Tour Guide, serta tata cara penggunaan sistem layanan Indonesia Tour Guide.
  7. Mitra adalah Penyedia jasa pariwisata yang melakukan atau penawaran Jasa Wisata kepada para Pengguna Jasa / wisatawan melalui layanan yang terdapat pada Platform Indonesia Tour Guide serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan Indonesia Tour Guide beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Indonesia Tour Guide.
  8. Pengguna Jasa / Wisatawan Jasa / wisatawan adalah Pengguna Jasa / wisatawanterdaftar atau tidak terdaftar yang melakukan Pengguna Jasa / Wisatawanan Jasa Wisata yang dijual oleh Mitra Indonesia Tour Guide di Platform Indonesia Tour Guide serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan Indonesia Tour Guide beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Indonesia Tour Guide.
  9. Indonesia Tour Guide Payment System adalah sistem pembayaran yang difasilitasi oleh Indonesia Tour Guide untuk para Pengguna Jasa / wisatawanmelakukan transaksi jual-beli di Platform Indonesia Tour Guide.
  10. Otentikasi 2 Langkahadalah fitur keamanan untuk akun pada saat login. Pengguna Jasa / wisatawanakan menerima kode otentikasi yang harus dimasukkan ketika login menggunakan device yang belum tervalidasi. Tujuan dari Otentikasi 2 langkah ini adalah untuk menjaga keamanan akun dari pembajakan dan penyalahgunaan akun oleh pihak lain.
  11. Jasa Terlarangadalah adalah jasa yang dilarang diperdagangkan oleh Penyedia Jasa di Platform Indonesia Tour Guide berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan kebijakan internal Indonesia Tour Guide.
  12. Pusat Bantuanmerupakan layanan yang disediakan oleh Indonesia Tour Guide untuk memfasilitasi penyelesaian masalah termasuk namun tidak terbatas pada masalah transaksi Pengguna Jasa / Wisatawan dan Penyedia Jasa, Hak Kekayaan Intelektual, pelaporan pelanggaran produk, dan lain-lain.
  13. Platform Distribusi Aplikasiyaitu layanan resmi yang dikembangkan dan dikelola oleh:
  • Apple Inc (dengan merek dagang “App Store”, untuk Pengguna Jasa / wisatawan yang menggunakan perangkat iOS); dan/atau
  • Google LLC (dengan merek dagang “Google Play” untuk Pengguna Jasa / wisatawanyang menggunakan perangkat Android); dan/atau
  • Platform Distribusi Aplikasi resmi lainnya yang dapat digunakan oleh Pengguna Jasa / wisatawan layanan untuk menjelajah dan mengunduh aplikasi yang tersedia di platform tersebut.

Data / Informasi Pribadi adalah data terkait dengan Pengguna Jasa / wisatawanyang dapat teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasikan dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui sistem Elektronik dan/atau non elektronik

1. Platform

a. Indonesia Tour Guide mengelola dan menyediakan Platform untuk mempertemukan antara Pengguna Jasa / wisatawan dengan Penyedia jasa untuk melakukan transaksi, Pengguna Jasa / Wisatawanan Jasa Wisata yang sesuai dengan Aturan Penggunaan Indonesia Tour Guide dengan alamat Situs www.indonesiatourguide.co.id dan seluruh microsite beserta aplikasi Indonesia Tour Guide (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna.

b. Sebagai pihak penyedia Platform, Indonesia Tour Guide tidak berperan sebagai Penyedia Jasa Jasa Wisata, melainkan sebagai media perantara bagi Penyedia jasa dan Pengguna Jasa / Wisatawan untuk melakukan transaksi melalui Platform Indonesia Tour Guide. Mohon untuk melihat point tentang pembebasan tanggung jawab.

c. Indonesia Tour Guide dapat atau tidak dapat melakukan penyaringan awal terhadap Pengguna Jasa / wisatawan atau Konten atau informasi yang diunggah oleh Pengguna Jasa / wisatawan pada Platform Indonesia Tour Guide, sehingga Indonesia Tour Guide berhak untuk menghapus setiap Konten atau informasi yang diunggah oleh Pengguna Jasa / wisatawan pada Platform Indonesia Tour Guide apabila dianggap perlu dari waktu ke waktu. Keputusan Indonesia Tour Guide merupakan keputusan mutlak yang tidak dapat diubah/digugat oleh Pengguna.

 

2. Sistem Pembayaran

Indonesia Tour Guide bekerja sama dengan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (Bank dan Non-Bank) resmi yang diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyediakan sistem pembayaran guna memudahkan dan mengamankan setiap transaksi yang berlangsung di Platform Indonesia Tour Guide bagi para Pengguna Jasa / wisatawanbaik Pengguna Jasa / Wisatawan maupun Penyedia Jasa (Penyedia Jasa). Metode Pembayaran yang disediakan melalui Platform Indonesia Tour Guide, antara lain:

  • Transfer Bank
  • Virtual Account
  • Kartu Kredit
  • Internet Banking
  • Payment Gateway
  • Direct Debit
  • Uang Elektronik

 

3. Chat/Kirim Pesan

a. Indonesia Tour Guide menyediakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” bagi Pengguna Jasa / wisatawan untuk berkomunikasi dengan Penyedia Jasa maupun sebaliknya, untuk menanyakan produk yang ingin dibeli sesuai dengan Aturan Penggunaan. Melalui fitur “Chat” / “Kirim Pesan”, Pengguna Jasa / Wisatawan dapat menanyakan Jasa Wisata yang hendak dibeli kepada Penyedia Jasa, yakni terkait dengan harga Jasa Wisata, ketersediaan layanan Jasa Wisata, ataupun hal lainnya yang dapat mempengaruhi kondisi Jasa Wisata yang dibeli oleh Pengguna Jasa / Wisatawan. Terdapat beberapa fungsi yang terdapat pada Layanan “Chat” / “Kirim Pesan”, antara lain:

* Daftar “Chat” / “Kirim Pesan”

  • Mengaktifkan atau mematikan notifikasi suara
  • Mematikan “Chat” / “Kirim Pesan”.
  • Membuka halaman Kirim Pesan.
  • Melakukan pencarian Kirim Pesan.
  • Membuka jendela “chat” dari daftar Kirim Pesan.
  • Membuka jendela “chat” dari daftar langganan.


* Jendela “Chat” / “Kirim Pesan”:

  • Melaporkan Pengguna Jasa / wisatawan yang mengirimkan chat/pesan.
  • Memblokir Pengguna Jasa / wisatawan yang mengirimkan chat/pesan.
  • Membuka chat/pesan yang dikirimkan Pengguna Jasa / wisatawanlain, di halaman pesan.
  • Melihat lapak Pengguna Jasa / wisatawan yang mengirimkan chat/pesan.
  • Mengirim chat/pesan.
  • Melampirkan file foto/gambar (Jasa Wisata jualan milik Pengguna Jasa / wisatawan lain, Jasa Wisata jualan milik sendiri, gambar).

b. Pengguna Jasa / wisatawan disarankan untuk tidak menggunakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” selain untuk kepentingan bertransaksi di Indonesia Tour Guide.

 

4. Pusat Bantuan

    • Pusat Bantuan merupakan layanan yang disediakan oleh Indonesia Tour Guide untuk memfasilitasi penyelesaian masalah termasuk namun tidak terbatas pada masalah transaksi antara Pengguna Jasa / Wisatawan dan Penyedia Jasa (Penyedia Jasa), pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, pelaporan pelanggaran produk, dan lain-lain.
    • Melalui layanan Pusat Bantuan, Pengguna Jasa / wisatawan dapat menanyakan dan mengajukan keluhan mengenai segala hal terkait dengan transaksi di Indonesia Tour Guide yang berhubungan dengan Fitur/Produk, Layanan cara pembayaran, cara refund Jasa Wisata dan lain-lain.
    • Melalui layanan Pusat Bantuan, Pengguna Jasa / wisatawan dapat langsung menghubungi Customer ServiceIndonesia Tour Guide untuk mendapatkan kebutuhan informasi dan menyelesaikan permasalahan yang dialami, baik terkait permasalahan transaksi maupun yang selain permasalahan transaksi.
    • Pengguna Jasa / wisatawan dapat menggunakan layanan Pusat Bantuan sebagai sarana aduan atas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, duplikasi produk oleh Pengguna Jasa / wisatawanlain, duplikasi foto/deskripsi.
    • Pusat Bantuan merupakan fitur layanan pelanggan yang terdiri dari daftar referensi seputar pertanyaan yang paling banyak ditanyakan serta informasi omni channelyang dapat dipilih seperti nomor call center, layanan email, hingga live chat sehingga pelanggan dapat leluasa mengajukan pertanyaan atau keluhan seputar produk, cara pembayaran, layanan jasa, cara refund Jasa Wisata dan sebagainya.

 

5. Otentikasi 2 Langkah dan Kode Otentikasi

Indonesia Tour Guide menyediakan fitur/layanan keamanan tambahan yaitu otentikasi 2 langkah di mana Pengguna Jasa / wisatawanakan dikirimkan kode otentikasi yang bersifat rahasia sebagaimana dijelaskan dalam Penggunaan Akun, Keamanan, dan Password poin 5. Untuk menghindari penyalahgunaan akun, Pengguna Jasa / wisatawan DILARANG menginformasikan kode otentikasi kepada pihak lain termasuk namun tidak terbatas oleh pihak Indonesia Tour Guide.

Persyaratan wajib bagi Pengguna Jasa / wisatawan untuk mengakses layanan di Platform Indonesia Tour Guide, antara lain:

  1. Pengguna Jasa / wisatawan wajib berusia minimal 18 tahun (kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia). Pengguna Jasa / wisatawany ang belum genap berusia 18 tahun wajib memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali untuk menggunakan dan/atau mengakses layanan di Platform Indonesia Tour Guide dan bertanggung jawab atas segala biaya yang timbul terkait penggunaan layanan di Platform Indonesia Tour Guide.
  2. Pengguna Jasa / wisatawan wajib membaca, memahami serta mengikuti semua ketentuan yang diatur dalam Aturan Penggunaan ini.
  3. Pengguna Jasa / wisatawan yang memiliki akun di Platform Indonesia Tour Guide, wajib mengisi data pribadi secara lengkap sesuai dengan identitas pribadinya di halaman profil Indonesia Tour Guide.
  4. Pengguna Jasa / wisatawan wajib menyampaikan informasi yang benar, tepat, lengkap dan terbaru dari diri Pengguna Jasa / wisatawan dalam rangka penggunaan Platform Indonesia Tour Guide dari waktu ke waktu.
  5. Pengguna Jasa / wisatawan wajib memahami bahwa detail informasi akun milik Pengguna Jasa / wisatawan adalah rahasia, dan karenanya Pengguna Jasa / wisatawan tidak akan mengungkapkan detail informasi akun Pengguna Jasa / wisatawan kepada Pihak Ketiga mana pun, termasuk password rahasia berupa kode otentikasi yang dikirimkan melalui SMS atau whatsapp ke nomor telepon terdaftar Pengguna Jasa / wisatawan setiap kali ada percobaan log-in ke Akun Pengguna. Indonesia Tour Guide atau petugas Indonesia Tour Guide tidak akan menanyakan password Pengguna Jasa / wisatawan (kecuali pada halaman di Platform Indonesia Tour Guide Pengguna Jasa / wisatawan ketika Pengguna Jasa / wisatawan masuk ke Akun Indonesia Tour Guide milik Pengguna Jasa / wisatawan melalui Platform Indonesia Tour Guide pada device Pengguna). Pengguna Jasa / wisatawan setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna Jasa / wisatawan kepada Pihak Ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
  6. Indonesia Tour Guide memiliki fitur keamanan tambahan yaitu otentikasi 2 langkah. Apabila Pengguna Jasa / wisatawan mengaktifkan fitur tersebut, maka Indonesia Tour Guide akan mengirimkan kode otentikasi via SMS atau whatsapp ke nomor handphone yang sudah terkonfirmasi sebagai nomor akun Pengguna. Kode otentikasi dikirim ketika: perubahan data di akun Pengguna Jasa / wisatawanseperti password, alamat email, nomor telepon, dan/atau nomor rekening; serta perubahan dan/atau penambahan alamat. Masukkan kode otentikasi hanya pada kolom yang disediakan oleh sistem Indonesia Tour Guide (situs maupun aplikasi resmi Indonesia Tour Guide). Kode otentikasi tersebut bersifat rahasia dan tidak untuk diinformasikan ke pihak lain termasuk pihak yang mengatasnamakan Indonesia Tour Guide.
  7. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang menggunakan robotspider, proses atau sarana untuk mengakses layanan untuk tujuan apapun, atau perangkat otomatis lainnya, termasuk namun tidak terbatas untuk memantau atau menyalin setiap bahan yang ada pada layanan di Platform Indonesia Tour Guide.
  8. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang mencantumkan alamat, nomor kontak, alamat email, Platform, forum, dan username media sosial di foto profil, header lapak, foto produk, nama akun (username), nama penyedia jasa, dan deskripsi lapak. Indonesia Tour Guide dapat sewaktu-waktu melakukan tindakan terhadap pelanggaran tersebut tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  9. Pengguna Jasa / wisatawan bertanggung jawab dan wajib menjaga keamanan dari akun termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan email dan password milik Pengguna.
  10. Demi keamanan dan kenyamanan para Pengguna, setiap transaksi jual-beli di Indonesia Tour Guide diwajibkan untuk menggunakan Indonesia Tour Guide Payment System. Untuk informasi mengenai penggunaan Indonesia Tour Guide Payment System dapat dipelajari di Panduan pembayaran Indonesia Tour Guide.
  11. Dalam hal Pengguna Jasa / wisatawan melakukan pelaporan dan/atau aduan atas layanan di Platform Indonesia Tour Guide dan/atau Aturan Penggunaan, maka setiap laporan dan/atau aduan tersebut wajib disampaikan dengan itikad baik dan dengan tujuan menyelesaikan masalah.
  12. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang menggunakan Platform Indonesia Tour Guide untuk melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara lainnya.
  13. Selama menggunakan dan/atau mengakses Platform Indonesia Tour Guide, Pengguna Jasa / wisatawan dilarang keras mengunggah dan/atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apa pun yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, kata-kata kasar atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. Indonesia Tour Guide dalam hal ini berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  14. Pengguna Jasa / wisatawan wajib bertanggung jawab atas segala risiko yang timbul di kemudian hari atas informasi yang diberikannya kepada Indonesia Tour Guide, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual yaitu hak cipta, merek, paten, rahasia dagang, desain industri, dan desain tata letak sirkuit terpadu atas suatu produk.
  15. Pengguna Jasa / wisatawan wajib menghargai hak-hak Penyedia Jasa / wisatawan lainnya dengan tidak memberikan informasi pribadi ke pihak lain tanpa izin pihak yang bersangkutan.
  16. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang mengirimkan pesan spamdalam bentuk apa pun dengan merujuk pada fitur/layanan apa pun di Platform Indonesia Tour Guide untuk tujuan apa pun.
  17. Indonesia Tour Guide berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna Jasa / wisatawan untuk memblokir penggunaan sistem jika Pengguna Jasa / wisatawan melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia.
  18. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang menggunakan logo Indonesia Tour Guide pada foto profil Pengguna Jasa / wisatawan (avatar).
  19. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang mendistribusikan virus atau teknologi lainnya yang dapat membahayakan Indonesia Tour Guide, kepentingan dan/atau properti dari Pengguna Jasa / wisatawan Indonesia Tour Guide, maupun instansi Pemerintahan.
  20. Penyedia Jasa (Penyedia Jasa) dilarang menghubungi Pengguna Jasa / Wisatawan melalui media lain selain daripada fitur “Chat” / “Kirim Pesan” yang disediakan oleh Indonesia Tour Guide guna memastikan keamanan dan kenyamanan Pengguna Jasa / wisatawan Indonesia Tour Guide.
  21. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang keras mempergunakan layanan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” sebagai media untuk menyampaikan kata-kata, komentar, gambar, atau konten lain yang mengandung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan pihak lain, vulgar, bersifat ancaman, kata-kata kasar atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. Indonesia Tour Guide berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, penjatuhan sanksi, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  22. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang menggunakan fitur Kirim Pesan atau Chat sebagai sarana penelitian, kuesioner, atau survei.
  23. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang menggunakan fitur “Kirim Pesan” atau “Chat” termasuk namun tidak terbatas sebagai sarana asusila, penipuan, dan atau kejahatan lainnya.
  24. Pengguna Jasa / wisatawan setuju untuk memastikan bahwa Pengguna Jasa / wisatawan keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Indonesia Tour Guide jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  25. Pengguna Jasa / wisatawan dianggap telah mengetahui seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia dalam setiap transaksi di Indonesia Tour Guide, dan tidak akan melakukan tindakan apa pun yang melanggar peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.
  26. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terkait Aturan Penggunaan oleh Pengguna, Indonesia Tour Guide berhak melakukan tindakan yang dianggap perlu demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna Jasa / wisatawan lain dan Platform Indonesia Tour Guide.
  27. Pengguna Jasa / wisatawan wajib bertanggung jawab penuh atas seluruh Konten yang Pengguna Jasa / wisatawan unggah, kirim melalui email, kirimkan dan/atau sediakan melalui Platform Indonesia Tour Guide.
  28. Indonesia Tour Guide tidak memungut biaya pendaftaran akun Indonesia Tour Guide kepada Pengguna.
  29. Pengguna Jasa / wisatawan dengan dengan ini menyatakan bahwa Indonesia Tour Guide tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna Jasa / wisatawan yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna jasa, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode otentikasi, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna Jasa / wisatawan lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna jasa.
  30. Pengguna Jasa / wisatawan dengan ini menyatakan bahwa Indonesia Tour Guide tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul akibat dari Pengguna Jasa / wisatawan yang tidak mengaktifkan fitur/layanan keamanan otentikasi 2 langkah.
  31. Pengguna Jasa / wisatawan memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan kode otentikasi, maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna Jasa / wisatawan dengan nominal yang ditentukan masing-masing penyedia jasa telekomunikasi ditambah biaya perpajakannya.
  32. Indonesia Tour Guide atas kebijakannya sendiri dapat melakukan penahanan pembayaran jasa untuk melakukan perlindungan terhadap segala risiko dan kerugian yang timbul, jika Indonesia Tour Guide menyimpulkan bahwa tindakan Pengguna, baik Penyedia Jasa maupun Pengguna Jasa / Wisatawan terindikasi melakukan kecurangan-kecurangan atau penyalahgunaan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan Indonesia Tour Guide dan jika akun Pengguna Jasa / wisatawan diduga atau terindikasi telah diakses oleh pihak lain.
  33. Demi keamanan Pengguna, Indonesia Tour Guide menyarankan agar Pengguna Jasa / wisatawan mengubah passworddari waktu ke waktu secara berkala untuk menjaga kerahasiaan akun Indonesia Tour Guide milik Pengguna.
  34. Pengguna Jasa / wisatawan menjamin bahwa identitas/data pribadi yang Pengguna Jasa / wisatawan daftarkan dalam pembuatan akun Indonesia Tour Guide merupakan identitas/data pribadi milik Pengguna Jasa / wisatawan sendiri bukan milik pihak manapun.
  35. Pengguna Jasa / wisatawan akan senantiasa bekerja sama dengan Indonesia Tour Guide untuk menyelidiki dan menentukan apakah telah terjadi pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan ini dengan memberikan Indonesia Tour Guide (beserta pihak yang ditunjuk dan auditor independen) hak akses atas data pribadi dan/atau perangkat Pengguna Jasa / wisatawan yang digunakan untuk membuka/mengakses Platform Indonesia Tour Guide. Dalam hal ini, Pengguna Jasa / wisatawanm emberikan wewenang kepada Indonesia Tour Guide untuk bekerja sama dengan pihak berwenang (termasuk namun tidak terbatas pada pihak kepolisian, instansi pemerintah, penyedia jasa telekomunikasi, penyedia jasa jaringan internet, penyedia jasa data center, dan lain-lain) tanpa persetujuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
  36. Pengguna Jasa / wisatawan menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mempengaruhi/menurunkan/mengganggu layanan, perangkat lunak, perangkat keras, sistem, jaringan yang digunakan Pengguna Jasa / wisatawan lain untuk mengakses Platform Indonesia Tour Guide.
  37. Pengguna Jasa / wisatawan menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mengganggu dan/atau berdampak buruk pada Indonesia Tour Guide, jaringan internet, infrastruktur atau produk Indonesia Tour Guide, serta menimbulkan efek merugikan bagi keberlangsungan kegiatan usaha Indonesia Tour Guide.
  38. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang menggunakan layanan Indonesia Tour Guide untuk menyamar/memalsukan dirinya sebagai seseorang/pihak lain secara melawan hukum untuk menyesatkan dan/atau menipu orang lain secara sengaja maupun tidak sengaja.
  39. Pengguna Jasa / wisatawan dilarang menggunakan Platform Indonesia Tour Guide dengan tujuan mengumpulkan data pribadi Pengguna Jasa / wisatawan dengan tujuan melanggar Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  40. Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Indonesia Tour Guide.
  1. Pengguna Jasa / Wisatawan wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Indonesia Tour Guide. Pengguna Jasa / Wisatawan melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pengguna Jasa / Wisatawan, dan kemudian Indonesia Tour Guide akan meneruskan dana ke pihak Penyedia Jasa/Mitra Indonesia Tour Guide apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Indonesia Tour Guide telah selesai.
  2. Saat melakukan Pengguna Jasa / Wisatawanan Jasa Wisata, Pengguna Jasa / Wisatawan menyetujui bahwa:
    1. Pengguna Jasa / Wisatawan bertanggung jawab untuk membaca, memahami, mengerti dan menyetujuivinformasi serta deskripsi dari keseluruhan layanan jasa (termasuk namun tidak terbatas pada batas maksimal, diskripsi layana, waktu, fasilitas, include & exclude, dan lain sebagainya), sebelum berkomitmen melakukan pembelian layanan jasa tersebut.
    2. Pengguna Jasa / wisatawan masuk ke dalam Perjanjian yang mengikat secara hukum untuk membeli Jasa Wisata ketika Pengguna Jasa / wisatawan membeli suatu Jasa Wisata dari Penyedia Jasa.
    3. Indonesia Tour Guide tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas Jasa Wisata-Jasa Wisata dari Penyedia Jasa ke Pengguna Jasa / Wisatawan.
    4. Pengguna Jasa / Wisatawan memahami dan menyetujui tentang ketersediaan Jasa Wisata yang merupakan tanggung jawab dari pihak Penyedia Jasa. Jika layanan jasa tidak tersedia, maka Penyedia Jasa akan menolak pesanan.
    5. Pengguna Jasa / Wisatawan memahami dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan di luar transaksi resmi Indonesia Tour Guide dan/atau tanpa sepengetahuan Indonesia Tour Guide (melalui jaringan pribadi, pengiriman pesan, Pengguna Jasa / Wisatawanan di luar Indonesia Tour Guide, dan/atau Pengguna Jasa / Wisatawanan di luar tagihan yang ditagihkan Indonesia Tour Guide) merupakan tanggung jawab pribadi Pengguna Jasa / Wisatawan, dan bukan tanggung jawab dari pihak Indonesia Tour Guide.
    6. Pengguna Jasa / Wisatawan memahami dan menyetujui untuk tidak menyerahkan/memberitahukan bukti transaksi yang dilakukan di Indonesia Tour Guide pada pihak lain selain pihak Indonesia Tour Guide melalui saluran komunikasi resmi Indonesia Tour Guide. Dalam hal tersebut, jika terjadi kerugian yang diakibatkan oleh penyerahan atau pemberitahuan bukti transaksi pada pihak lain tersebut, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing Pengguna Jasa / Wisatawan.
    7. Pengguna Jasa / Wisatawan memahami dan menyetujui bahwa segala klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Jasa Wisata bukan menjadi tanggung jawab pihak Indonesia Tour Guide. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Jasa Wisata adalah tanggung jawab masing-masing Pengguna Jasa / Wisatawan.
    8. Pengguna Jasa / Wisatawan memahami dan menyetujui bahwa keterlambatan proses pembayaran serta biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pengguna Jasa / Wisatawan gunakan dengan bank Rekening resmi Indonesia Tour Guide merupakan tanggung jawab Pengguna Jasa / Wisatawan secara pribadi.
    9. Pengguna Jasa / wisatawan dengan ini sepakat dan menyetujui bahwa Indonesia Tour Guide dengan menggunakan pertimbangannya dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya tambahan atas transaksi di Platform Indonesia Tour Guide.
    10. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terhadap Kebijakan Jual Jasa Wisata oleh Pengguna Jasa / Wisatawan, Indonesia Tour Guide berhak untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu terhadap Pengguna Jasa / Wisatawan demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna Jasa / wisatawan lain.
    11. Pengguna Jasa / Wisatawan memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pengguna Jasa / Wisatawan dan Penyedia Jasa, selain melalui Rekening Resmi Indonesia Tour Guide dan/atau tanpa sepengetahuan Indonesia Tour Guide (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus di luar Platform Indonesia Tour Guide atau upaya lainnya), adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pengguna Jasa / Wisatawan.
    12. Pengguna Jasa / Wisatawan wajib melakukan transfer sesuai dengan nominal total belanja dari transaksi dalam waktu yang telah ditetapkan secara otomatis oleh system pembayaran Indonesia Tour Guide (dengan asumsi Pengguna Jasa / Wisatawan telah mempelajari informasi Jasa Wisata yang telah dipesannya). Jika dalam waktu yang telah ditentukan oleh system tetapi Pengguna Jasa / Wisatawan tidak mentransfer dana, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis.
    13. Setiap transaksi di Indonesia Tour Guide yang menggunakan metode transfer akan dikenakan biaya operasional dalam bentuk kode unik pembayaran serta dibeberapa metode pembayaran yang digunakan akan dibebankan biaya admin untuk mempermudah proses verifikasi. Indonesia Tour Guide tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh Pengguna Jasa / Wisatawan apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
    14. Apabila terjadi proses pengembalian kepada Pengguna Jasa / Wisatawan, maka pengembalian dana transaksi dilakukan dengan mengirim kembali ke rekenening Pengguna Jasa / Wisatawan. Untuk pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, dana transaksi akan dikembalikan langsung ke kartu kredit. Pengembalian dana dilakukan dengan memberikan pengurangan biaya pada kartu kredit Pengguna Jasa / Wisatawan dalam waktu maksimal 2 bulan setelah pembayaran hal ini didasarkan pada ketentuan pengembalian dana dari pihak ketiga pembayaran menyangkut pengembalian dana pembayaran menggunakan kartu kredit.
    15. Indonesia Tour Guide akan mengirimkan email konfirmasi pemesanan Jasa Wisata melalui fitur “aktivitas” jika pesanan diabaikan oleh Penyedia Jasa dalam waktu 1×24 jam, maka pemesanan wisatawan akan dianggap ditolak oleh penyedia jasa / Mitra Indonesia Tour Guide. Dalam hal ini Indonesia Tour Guide akan menyarankan anda untuk mencari Mitra yang lain.
    16. Pengguna Jasa / Wisatawan dapat memperbarui feedbackmaksimal 3×24 jam setelah transaksi dinyatakan selesai oleh sistem Indonesia Tour Guide.
    17. Pengguna Jasa / Wisatawan diharapkan melakukan dokumentasi pelayanan jasa wisata yang dilakukan oleh Penyedia Jasa.
    18. Indonesia Tour Guide atas kebijakannya sendiri dapat melakukan penahanan dana transaksi untuk melakukan perlindungan terhadap segala risiko dan kerugian yang timbul, jika Indonesia Tour Guide menyimpulkan bahwa tindakan Pengguna, baik Penyedia Jasa maupun Pengguna Jasa / Wisatawan terindikasi melakukan kecurangan-kecurangan atau penyalahgunaan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan Indonesia Tour Guide dan jika akun Pengguna Jasa / wisatawandiduga atau terindikasi telah diakses oleh pihak lain.

Jasa Wisata terlarang adalah Jasa Wisata yang dilarang diperjualbelikan di Platform Indonesia Tour Guide berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia , kebijakan internal Indonesia Tour Guide, dan/atau Kebijakan Platform Distribusi Aplikasi. Jasa Wisata tersebut adalah Jasa Wisata dan/atau jasa yang tergolong berbahaya, melanggar norma hukum, melanggar norma susila, mengancam keselamatan, melecehkan, menghina, memfitnah, mengintimidasi, menginvasi privasi orang lain atau hak-hak lainnya yang melanggar hukum dengan cara apapun. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap Indonesia Tour Guide;

  1. Pengguna Jasa / wisatawan dapat melakukan pembayaran ketika pesanan telah dikonfirmasi oleh Penyadia jasa.
  2. Ketika pembayaran telah selesai diakukan maka dana akan ditahan oleh Indonesia Tour Guide sebelum Penyedia Jasa telah selesai melayani.
  3. Dana akan ditransfer ke rekening Pengguna Jasa / wisatawan dalam waktu 1×24 jam untuk BCA, BNI, Mandiri, BRI, atau 2×24 jam untuk rekening tujuan selain keempat bank tersebut.
  4. Indonesia Tour Guide berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan, dan/atau pembatalan terhadap transaksi pencairan dana yang dilakukan oleh Pengguna Jasa / wisatawan apabila ditemukan adanya tindakan pelanggaran atas syarat dan ketentuan Indonesia Tour Guide, kecurangan, manipulasi, penipuan dan/atau kejahatan.
  5. Pemeriksaan, pembekuan, penundaan, dan/atau pembatalan terhadap transaksi pencairan dana Pengguna Jasa / wisatawanyang dilakukan oleh Indonesia Tour Guide, dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan.
  1. Pengguna Jasa / wisatawan dengan ini sepakat dan setuju bahwa Indonesia Tour Guide dapat mengumpulkan, menggunakan, mengakses, menyimpan, dan/atau memproses data Pengguna Jasa / wisatawan termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi, isi percakapan, dan/atau informasi tentang penggunaan layanan oleh Pengguna Jasa / wisatawandi Platform Indonesia Tour Guide.
  2. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Indonesia Tour Guide (termasuk perusahaan terafiliasi dan Partner Resmi yang bekerja sama dengan Indonesia Tour Guide) berhak menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna Jasa / wisatawan melalui Platform Indonesia Tour Guide untuk kepentingan pengembangan dan peningkatan mutu demi keamanan dan kenyamanan Pengguna. Detail mengenai data Pengguna Jasa / wisatawan tercantum di dalam Kebijakan Privasi Indonesia Tour Guide.
  3. Indonesia Tour Guide berhak mengungkapkan data Pengguna Jasa / wisatawanuntuk proses hukum dan/atau permintaan pihak instansi pemerintah, penegak hukum, dan pihak berwenang resmi lainnya yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna Jasa / wisatawan setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Platform Indonesia Tour Guide dan/atau Aturan Penggunaan ini akan diselesaikan secara eksklusif melalui BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) dan apabila tidak terjadi penyelesaian maka akan diselesaikan dalam peradilan perdata dan tau perdata tingkat Daerah di Kawasan Provinsi Jawa Tengah.

Pengguna Jasa / wisatawan setuju untuk melepaskan Indonesia Tour Guide dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Indonesia Tour Guide (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) dari segala klaim atau tuntutan, kewajiban, kerugian, dan biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh Pihak Ketiga yang timbul akibat kesalahan Pengguna Jasa / wisatawan dan atau akibat kesalahan dalam pelayanan oleh Mitra Indonesia Tour Guide termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran Aturan Penggunaan ini, penggunaan Layanan Indonesia Tour Guide di Platform Indonesia Tour Guide yang tidak semestinya, pelanggaran terhadap hak Pihak Ketiga, pelanggaran Kebijakan Privasi Indonesia Tour Guide dan/atau pelanggaran Pengguna Jasa / wisatawan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

Indonesia Tour Guide memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun Pengguna, termasuk akun yang diduga dan/atau terindikasi melakukan penyalahgunaan, memanipulasi, dan/atau melanggar Aturan Penggunaan di Indonesia Tour Guide, mulai dari melakukan moderasi, menghentikan layanan “Jual Jasa Wisata”, membatasi jumlah pembuatan akun, membatasi atau mengakhiri hak setiap Pengguna Jasa / wisatawan untuk menggunakan layanan, maupun menutup akun tersebut tanpa memberikan pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu kepada pemilik akun yang bersangkutan.

 

  1. Sanksi Umum
    1. pemblokiran akun;
    2. pelaporan kepada pihak yang berwajib.

 

  1. Lain-lain

Pengguna Jasa / wisatawan sepakat dan setuju bahwa Pengguna Jasa / wisatawan memiliki tanggung jawab untuk menjaga reputasi Indonesia Tour Guide sebagai penyedia jasa Platform perdagangan elektronik (marketplace) yang terpercaya. Indonesia Tour Guide berpendirian bahwa segala tindakan atau upaya percobaan manipulasi, kejahatan, penipuan, dan/atau tindakan-tindakan pelanggaran aturan yang dilakukan oleh Pengguna Jasa / wisatawan yang terjadi di dalam atau dalam penggunaan Platform merupakan bentuk pelanggaran yang serius (“Pelanggaran Pengguna”).

Pengguna Jasa / wisatawan menyatakan bahwa kerugian yang diderita oleh Indonesia Tour Guide (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan) akibat Pelanggaran Pengguna Jasa / wisatawan berdampak material bagi kelangsungan kegiatan dan reputasi Indonesia Tour Guide. Kerugian yang terjadi akibat Pelanggaran Pengguna Jasa / wisatawan ini sulit atau tidak mungkin untuk ditentukan nilainya secara pasti, dan juga diakui bahwa tidak ada upaya hukum yang cukup untuk memperbaiki kerugian yang telah terjadi sebagai akibat terjadinya Pelanggaran Pengguna. Oleh karena itu, Pengguna Jasa / wisatawan setuju bahwa Indonesia Tour Guide secara mutlak berhak untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan untuk memulihkan dan melindungi nama baiknya serta meminta penggantian kepada Pengguna Jasa / wisatawan yang melakukan Pelanggaran Penggunaan atas kerugian yang diderita Indonesia Tour Guide termasuk namun tidak terbatas pada melakukan pemeriksaan atau investigasi (baik sendiri atau bekerja sama dengan pihak yang berwajib), memblokir akun, menghapus konten dan/atau akun, menegur Pengguna Jasa / wisatawan yang bersangkutan, melakukan pembekuan akun Pengguna, melakukan kompensasi atas kerugian yang diderita oleh Indonesia Tour Guide dengan cara melakukan kompensasi terhadap dana yang tersedia pada Saldo Indonesia Tour Guide Pengguna Jasa / wisatawan yang bersangkutan (“Tindakan Mitigasi Pelanggaran”).

Pengguna Jasa / wisatawan yang melakukan Pelanggaran Pengguna Jasa / wisatawan melepaskan segala hak yang dimilikinya untuk mengajukan gugatan, klaim, keberatan dan/atau upaya lainnya terhadap Grup Indonesia Tour Guide (termasuk direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan) dalam melakukan Tindakan Mitigasi Pelanggaran atas Pelanggaran Penggunaan.

Perhitungan jumlah kerugian yang disiapkan oleh Grup Indonesia Tour Guide dalam konteks ini adalah bersifat final dan mengikat. Namun dalam hal ini Indonesia Tour Guide menekankan bahwa tidak akan memberikan ganti rugi terkait pelayanan yang buruk dari Mitra Indonesia Tour Guide dikarenakan hal itu akan dianggap bersifat subyektif dan tidak dapat dikenakan klaim ganti rugi atas kerugian dari pelayanan tersebut.

Pengguna Jasa / wisatawan yang diduga melakukan Pelanggaran Pengguna Jasa / wisatawan dapat menggunakan fitur Pusata Bantuan untuk segera melakukan penyelesaian permasalahan Pelanggaran Pengguna Jasa / wisatawan dalam jangka waktu 7 hari kalender setelah Pengguna Jasa / wisatawan dimaksud pertama kali menerima Tindakan Mitigasi Pelanggaran Grup Indonesia Tour Guide. Tindakan Indonesia Tour Guide dalam melakukan Tindakan Mitigasi Pelanggaran tidak sekali-kali menghilangkan atau diinterpretasikan membatasi hak-hak Indonesia Tour Guide untuk melakukan upaya lain yang tersedia berdasarkan peraturan yang berlaku.

  1. Indonesia Tour Guide (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna Jasa / wisatawan setuju untuk tidak menuntut Indonesia Tour Guide bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari Penggunaan Layanan Pihak Ketiga yang Pengguna Jasa / wisatawan akses melalui Platform Indonesia Tour Guide. Pengguna Jasa / wisatawan disarankan membaca dengan saksama atas Syarat dan Ketentuan yang disediakan oleh Pihak Ketiga tersebut.
  2. Indonesia Tour Guide dari waktu ke waktu berhak mengubah/menghentikan/menangguhkan layanan dan/atau layanan Pihak Ketiga tanpa persetujuan/pemberitahuan Pengguna.
  1. Indonesia Tour Guide adalah portal web dengan jenis Costumer to Customer(C2C) Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna Jasa / wisatawan untuk dapat melakukan pembelian jasa pariwisata yang disediakan oleh Penyedia Jasa (Penyedia Jasa) pada Platform Indonesia Tour Guide. Dengan demikian, transaksi yang terjadi adalah transaksi dan hubungan hukum antar Pengguna Jasa / wisatawan Indonesia Tour Guide, sehingga Pengguna Jasa / wisatawan memahami bahwa batasan tanggung jawab Indonesia Tour Guide secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web (Platform).
  2. Indonesia Tour Guide akan terus berupaya untuk menjaga kualitas Layanan Indonesia Tour Guide untuk tetap aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, namun Indonesia Tour Guide tidak dapat menjamin operasional terus-menerus atau akses terhadap Platform Indonesia Tour Guide dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Platform Indonesia Tour Guide memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
  3. Jika Pengguna Jasa / wisatawan memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Penyedia Jasa, Pengguna Jasa / wisatawan melepaskan Indonesia Tour Guide (termasuk Induk Perusahaan, jajaran komisaris, jajaran direksi, dan/atau karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna Jasa / wisatawan dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
  4. Pengguna Jasa / wisatawan setuju dan sadar bahwa Pengguna Jasa / wisatawan memanfaatkan Layanan Indonesia Tour Guide di Platform Indonesia Tour Guide atas risiko Pengguna Jasa / wisatawan sendiri, dan Layanan Indonesia Tour Guide diberikan kepada Pengguna Jasa / wisatawan dengan sebagaimana mestinya dan sebagaimana tersedia.
  5. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Indonesia Tour Guide (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna Jasa / wisatawan setuju untuk tidak menuntut Indonesia Tour Guide bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
  • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna Jasa / wisatawan dalam menggunakan Platform Indonesia Tour Guide;
  • Harga Layanan Jasa, atau petunjuk lain yang tersedia di dalam Platform Indonesia Tour Guide;
  • Keterlambatan atau gangguan di dalam Layanan Indonesia Tour Guide;
  • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna dan Penyedia Jasa;
  • Kualitas dan/atau keaslian Jasa Wisata;
  • Pengiriman Jasa Wisata yang dilakukan oleh penyedia jasa ekspedisi pengiriman Jasa Wisata;
  • Informasi yang dituliskan oleh Penyedia Jasa / wisatawan Indonesia Tour Guide baik Penyedia Jasa (Penyedia Jasa) maupun Pengguna Jasa / Wisatawan;
  • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (hak cipta, merek, desain industri, desain tata letak, dan/atau hak paten) atau hak-hak pribadi lain yang melekat atas suatu Jasa Wisata;
  • Pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;
  • Perselisihan antar Pengguna;
  • Pencemaran nama baik Pihak lain;
  • Penyalahgunaan Jasa Wisata yang telah dibeli Pengguna;
  • Kehilangan Jasa Wisata ketika proses transaksi berjalan dan/atau selesai;
  • Biaya ekstra (termasuk pajak dan biaya lainnya) atas segala transaksi yang terjadi di Indonesia Tour Guide. Hal tersebut berada di luar kewenangan Indonesia Tour Guide sebagai perantara.
  • Penyalahgunaan nomor kontak dan/atau alamat email milik Pengguna Jasa / wisatawan maupun pihak lainnya
  • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Indonesia Tour Guide yang dengan cara apa pun mengatasnamakan Indonesia Tour Guide ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
  • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (botscriptautomation toollainnya) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Indonesia Tour Guide.
  • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apa pun dalam Layanan Indonesia Tour Guide.
  • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna Jasa / wisatawan dari penggunaan setiap layanan di Platform Indonesia Tour Guide.
  • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam Platform Indonesia Tour Guide yang diduga palsu.
  • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.
  • Kegagalan dan/atau gangguan dalam penerapan teknologi baru dan/atau sistem pada fasilitas perangkat dan/atau jaringan internet yang Pengguna Jasa / wisatawan miliki dan/atau alami.
  • Gangguan jaringan Indonesia Tour Guide sehingga mengakibatkan server downdan mengharuskan dilakukannya pemeliharaan dan/atau perawatan darurat terhadap Platform Indonesia Tour Guide.
  • Penyalahgunaan akun Pengguna Jasa / wisatawan yang terjadi karena kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan akun kepada pihak lain, memberikan akses password kepada pihak lain, memberikan kode otentikasi pada pihak lain, mengakses link atau tautan dari pihak lain, maupun kelalaian Pengguna Jasa / wisatawan yang lain yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada Pengguna.
  • Tidak tersedianya layanan di Platform Indonesia Tour Guide pada waktu kapan pun atau untuk jangka waktu yang tidak dapat ditentukan karena hal yang terjadi di luar kuasa Indonesia Tour Guide.
  • Adanya kegiatan pengawasan dan pengontrolan isi/konten dari Platform Indonesia Tour Guide dan/atau sumber daya yang terjadi karena tautan (hyperlink) yang berada pada deskripsi Jasa Wisata Penyedia Jasa. Indonesia Tour Guide tidak bertanggung jawab atas kehilangan dan/atau kerugian yang dapat timbul akibat tindakan tersebut.

Indonesia Tour Guide memiliki hak untuk melakukan pembaruan dan/atau perubahan Aturan Penggunaan dari waktu ke waktu jika diperlukan demi keamanan dan kenyamanan transaksi Pengguna Jasa / wisatawan di Platform Indonesia Tour Guide. Pengguna Jasa / wisatawan dengan ini setuju bahwa Pengguna Jasa / wisatawan bertanggung jawab untuk membaca secara saksama dan memeriksa Aturan Penggunaan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui pembaruan dan/atau perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan di Platform Indonesia Tour Guide, maka Pengguna Jasa / wisatawan dianggap menyetujui pembaruan dan/atau perubahan dalam Aturan Penggunaan ini.

Pengkinian Terakhir: 25 Juni 2020

Unduh Aplikasi Kami

01-app-store-btn
02-play-store-btn

Kantor

Gd. Kewirausahaan Lt 1 Fak. Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Jl. Prof Soedarto S.H, Tembalang, Semarang (50275).

contact@indonesiatour.guide

+62 8112 6666 45 (click for whatsapp)

@indonesiatour.guide

Indonesia Tour Guide

@indonesiatour.guide

Indonesia Tour Guide