Labuan Bajo Pulau Padar Komodo NTT

Pulau Komodo, Warisan Dunia yang Sangat Eksotis

Pulau Komodo kini populer karena keeksotisannya dan menjadi wisata yang paling diburu saat ini. Taman Nasional Komodo adalah objek wisata utama ketika wisatawan pergi ke Pulau Komodo. Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980, Taman ini adalah salah satu dari 21 Taman Nasional Model yang ada di Indonesia dan merupakan salah satu dari lima taman nasional yang ditetapkan pertama kali di Indonesia. Taman Nasional Komodo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Komodo (Varanus komodoensis) merupakan spesies reptil purba yang hampir punah, hewan ini di jaga di Taman Nasional Komodo. Reptil ini mirip kadal raksasa dengan memiliki panjang 2-3 m dan berat mencapai 165 kg. Karena komodo hanya ditemukan di tempat ini, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986. 

Tak hanya komodo, disini Anda juga dapat menemukan banteng liar, kuda, rusa, babi hutan, ular, kera, dan berbagai jenis burung. Selain itu Taman Nasional Komodo memiliki biota bawah laut yang menakjubkan. Pesona pulau-pulau dan keanekaragaman hayati yang terdapat di Taman Nasional Komodo akan membuat anda takjub. Berikut ini lima destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di sekitarnya:

1.Menikmati Pantai Pink yang eksotis

Keeksotisan Pulau Komodo lekat dengan keindahan Pantai Pink atau Pink Beach ini. Pantai pink di Pulau Komodo merupakan 1 dari 7 pantai pink yang ada di Dunia, dan pastinya pantai Pink di merupakan yang paling indah. Warna pink berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral yang terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang kini menjadi pasir pantai. Keindahan Pantai pink ini akan memuaskan Anda dengan perpaduan air yang jernih dan bukit sabana disekitarnya.

Untuk menuju ke Pantai Pink, para wisatawan harus memanfaatkan beberapa moda transportasi. Karena keberadaannya di pulau yang dikelilingi oleh pantai-pantai. Dengan memanfaatkan jasa  speed boat, para wisatawan diantarkan menuju Dermaga Loh Liang, Pulau Komodo. Perjalanan menggunakan speed boat memakan waktu lebih sedikit dibandingkan dengan trekking. Trekking menuju spot wisata ini lumayan menantang. Namun para wisatawan bisa sambil menikmati pemandangan sekitar dan melihat Komodo dari dekat. Perjalanan trekking memakan waktu sekitar 4 jam dengan melewati tebing-tebing karang dan hutan bakau.

2.Berkunjung ke Goa Batu Cermin yang pernah dikunjungi oleh Presiden

Keeksotisan Pulau Komodo tak hanya sampai disana, anda juga harus berkunjung ke Goa Alam Batu Cermin. Goa Alam Batu Cermin terletak di Desa Batu Cermin, Manggarai Barat, Flores, NTT. Saat anda berkunjung ke Goa Batu Cermin, anda berhadapan dengan batu alam. Bebatuan yang megah berpadu dengan air jernih di tengahnya membuat para wisatawan berdatangan untuk melihat keindahannya secara langsung. Batu alam di Goa Batu Cermin itu ada yang cadas dan ada yang halus. Memang di beberapa titik sudah ada tangga yang terbuat dari semen. Namun, pada saat hujan, tangga itu kadang-kadang licin, juga batu alamnya licin.

3. Menyelam di lautan Pulau Kanawa

Pulau Kanawa adalah sebuah pulau yang terletak dekat Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur dengan luas sekitar 35 hektar. Pulau ini mempesona pada pantai dan bawah lautnya Keindahan alam tersebut terlihat dari air laut yang berwarna biru kehijauan dan juga pasir putih yang masih bersih. Keindahan bawah laut di pulau ini tak kalah indah pastinya. Bahkan, keindahannya dapat dilihat dari atas permukaan laut karena air lautnya masih jernih dan sangat eksotis. Keunikan dari pulau ini yaitu ketika sore menjelang air laut perlahan akan surut. 

Pulau Kanawa merupakan salah satu spot snorkeling dan diving favorite wisatawan yang datang ke Taman Nasional Komodo.  Bagaimana tidak, perairan di sekitar pulau ini memiliki ekosistem bawah air yang masih sangat alami serta terdapat berbagai macam biota laut yang keren disertai kedalaman yang cukup dangkal sehingga memudahkan pengunjung yang ingin ber-snorkeling ria di sini. Anda tertarik mengunjungi Pulau Kanawa?

4. Berfoto dari atas perbukitan Pulau Padar

Labuan Bajo Pulau Padar 2019
Source: @adlireyaldo

Aktivitas yang sedang ngetrend ini sebaiknya tidak anda lewatkan jika mengunjungi Nusa Tenggara Timur. Destinasi terbaik di Labuan Bajo ini adalah Pulau Padar yang memiliki sorotan alami dari pulau-pulau Komodo yang sangat eksotis. Pulau ini terkenal dengan sudut pandang dari mana Anda bisa melihat tiga pantai Pulau Padar (satu berwarna putih, satu berwarna pink dan yang lainnya adalah pantai pasir hitam). Waktu terbaik untuk melakukan pendakian adalah di pagi hari untuk matahari terbit. Berhati-hatilah ada Komodo Dragons di pulau ini dan mereka berkeliaran di bawah naungan batu karang (yang mana yang akan Anda inginkan). 

Indahnya berfoto di atas pulau ini akan lebih eksotis jika anda menggunakan kain tenun khas NTT loh!

5. Mengunjungi situs Warisan Dunia oleh UNESCO, Kampung Wisata Komodo

Pastinya jika anda ke Pulau Komodo, tidak lupa untuk melihat langsung Warisan Dunia yang dimiliki oleh Indonesia. Akan tetapi Anda nggak bisa melakukan segala hal secara sembarangan di pulau ini. Ada beberapa peraturan yang harus Anda pahami sebelum tiba di pulau ini. Anda bisa bertanya kepada petugas yang bekerja di kawasan taman nasional ini mengenai peraturan tersebut. Atau Anda juga bisa coba browsing dulu soal apa yang boleh dan nggak boleh Anda lakukan di kawasan taman nasional tersebut.

Begitulah keindahan Taman Nasional Komodo yang eksotis dan sedang populer, Tertarik ke Taman Nasional Komodo setelah pandemi covid-19 berakhir?

Leave a Comment