Kepulauan Derawan Kalimantan

Menyegarkan Pikiran ke Kepulauan Derawan

Apakah kamu tahu bahwa Indonesia memiliki sebuah pulau seindah maldives? Ya, Kepulauan Derawan namanya. Tepatnya di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Anda akan terpukau dengan jernihnya lautan yang ada disana. Tak kalah menariknya anda dapat merasakan penginapan diatas laut. Tak hanya laut dan pantainya, destinasi wisata kepulauan Derawan juga meliputi pemandangan bawah loh. Tak heran jika Kepulauan Derawan merupakan destinasi yang sangat diburu oleh para wisatawan untuk melepaskan penat. 

Nah jika ITGenks ingin ke Kepulauan Derawan ada 2 cara menuju Pulau yang masih alami ini. Yang pertama dari Tarakan, Kalimantan Utara. Pastinya anda jika anda berasal dari luar Pulau Kalimantan, anda dapat memesan tiket pesawat menuju Balikpapan kemudian transit ke Tarakan. Dari tarakan anda dapat menggunakan speedboat untuk menuju ke Pulau Derawan dalam waktu 3 Jam.

Apabila anda tidak mau berlama-lama di speedboat, anda dapat transit melalui pilihan kedua yaitu Balikpapan – Berau. Dari Bandara Kalimarau, Berau anda dapat menggunakan mobil ke Tanjung Redeb, Ibu Kota Berau dengan waktu tempuh 2 jam. Kemudian dari Berau – Derawan anda dapat menaiki speedboat hanya dalam 30 menit saja.

Nah, selain mencari ketenangan alami, Anda dapat melakukan 5 hal ini Kepulauan Derawan:

1. Menginap di Penginapan Terapung

Kebanyakan penginapan yang harus anda rasakan selama di Kepulauan Derawan adalah Penginapan Terapung. Ini merupakan ciri khas Derawan yang tidak boleh anda lewatkan, ciri khas ini juga yang membuat Kepulauan Derawan banyak dilirik turis mancanegara loh. Bayangkan, bangun pagi disambut ombak yang menenangkan, mencelupkan kaki di air laut yang jernih, sambil menikmati sunrise dan sarapan enak. Jika anda ingin penginapan dengan spot foto terbaik anda dapat menginap di Maratua Resort. Anda dapat memesan penginapan secara online, tetapi apabila anda tidak ingin menyesal anda dapat meminta rekomendasi Tour Guide anda. Cus lansung cari rekomendasi penginapan di Kepulauan Derawan!


2. Bermain air di Laguna Kehe Daing

Laguna berasal dari bahasa latin yaitu Lacuna, yang artinya ruang kosong. Hal ini menjelaskan bahwa Laguna merupakan sebuah tempat pemandian bukan laut, tetapi airnya berasal dari laut. Laguna Kehe Daing ini terlihat seperti danau tetapi warnanya sangat cerah. Laguna Kehe Daing merupakan salah satu keindahan yang tidak bisa kamu temukan selain di kepulauan Derawan. Selain laguna memang jarang dijumpai di Indonesia, Kepulauan Derawan memang menjadi salah satu kepulauan pantai dengan pesona yang berbeda dan menjadikan salah satu destinasi wisata pantai favorit di Indonesia.

3.Berenang bersama ubur-ubur di Danau Kakaban

Danau Kakaban terletak di Pulau Kakaban, salah satu Pulau di Kepulauan Derawan dan pastinya salah satu wisata yang wajib anda kunjungi! Di Danau Kakaban anda dapat berenang bersama ubur-ubur kuning yang tidak menyengat. Anda juga dapat mengambil foto dibawah air dengan ubur-ubur di tangan anda. Tetapi tidak boleh disentuh ya, anda harus berenang secara perlahan disini dan biarkan ubur-ubur berenang ke arah anda dengan sendirinya. Menarik bukan?

4.Menikmati Sunset di Pulau Gusung Sanggalau

Nama memang “Sang-galau”, tetapi bukan berarti anda harus galau berkunjung ke tempat ini atau tidak. Tentu saja, jika anda tertarik ke pulau kecil dan bersih, anda dapat mengunjungi pulau ini. Untuk pergi ke pulau ini anda dapat menggunakan Speedboat. Jangan lupa membawa perlengkapan berfoto anda dan berfotolah sebanyak mungkin sambil menunggu matahari terbenam!

5.Melihat Bayi Penyu di Pulau Sangalaki

Tak hanya pantai dan keindahan bawah laut yang dapat anda temui di Pulau ini, Anda juga dapat bertemu penyu dengan lebar sayap hampir 7 meter. Pulau Sangalaki adalah habitat para penyu. Anda dapat bertemu penyu dari bayi hingga penyu yang sedang bertelur disini. 

Itulah 5 hal menarik yang anda dapat lakukan selama di Kepulauan Derawan ini. Jika Anda beruntung, anda dapat bertemu dengan Whale Shark di Labuan Cermin. Untuk menikmati ke-5 wisata diatas, anda dapat menghabiskan 3 hari 2 malam di Pulau ini. Pastikan anda memesan Tour Guide untuk memudahkan perjalanan Anda selama di Kepulauan Derawan. Mari kita melestarikan dan membanggakan keindahan wisata Indonesia. Yuk Refreshing ke Kepulauan Derawan!

Leave a Comment