Pulau Weh Sabang

Mengintip Kecantikan Alam Pulau Weh Sabang Terkini

Berpetualang ke ujung barat Indonesia mungkin hal yang baru dan belum anda pernah bayangkan sebelumnya. Tetapi jangan khawatir, ada beragam wisata yang menarik yang anda dapat datangi Pulau Weh. Pulau Weh terletak di Sabang, Aceh ini sudah menjadi “bucket list” tujuan wisata oleh banyak wisatawan di seluruh Indonesia. Pulau ini memiliki luas 153 km² terletak di sebelah utara dari kota Banda Aceh. Keindahan wisata yang berada di Pulau Weh ini membuat Aceh terkini semakin banyak wisata yang rame dikunjungi

Keindahan Pulau Weh Sabang juga tak luput dari keunikan sejarah di balik namanya. Kata “Weh” dalam bahasa Aceh ternyata artinya adalah pergi. Diceritakan konon terpisahnya Pulau Weh dengan bagian Aceh lainnya dikarenakan berpisahnya pasangan Ummi Sarah Rubiah dengan Wali Tengku. Cerita tersebut terus berkembang di kalangan warga Pulau Weh. 

Untuk mencapai ke Pulau ini, anda dapat memesan pesawat ke Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh, kemudian pergilah ke pelabuhan Ulue-Lue dimana Anda memiliki pilihan untuk naik kapal feri atau naik speedboat untuk sampai ke Sabang, di Pulau Weh. Speedboat dengan harga Rp. 50.000 dan memakan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke Pelabuhan Sabang dengan keberangkatan dua kali sehari dari pelabuhan. Perjalanan feri akan memakan waktu sekitar 2 jam dan biaya Rp. 20.000 untuk sampai ke Pulau Weh. Keduanya sama baiknya, anda dapat memilih salah satunya.

Pulau weh terkini memiliki beragam destinasi yang menarik untuk anda yang suka berpetualang.

Berikut aneka destinasi wisata di Pulau Weh:

Menikmati indahnya Pantai Iboi yang jernih 

Pantai Iboih adalah tempat yang harus dikunjungi di Pulau Weh. Pantai Iboih terletak di tepi barat Pulau Weh. Warna biru-kehijauan yang merona akan membuat anda terpukau, belum lagi di Pantai Iboih ini merupakan pantai yang lengkap fasilitasnya. Fasilitas dan akomodasi yang tersedia seperti: Hotel, bungalow, kafe, restoran, sewa perahu, menyelam dan berselancar penyewaan peralatan semua banyak tersedia di sini. Sewa kapal dapat ditemukan di Iboih yang menawarkan tur Pulau. Terdapat juga warung yang menjual makanan dan minuman untuk anda berpiknik di sekitar Pantai. 

Untuk sampai ke Pantai Iboi Anda dapat naik bemo (minibus) ke Iboih sekitar 40 menit melewati pedesaan indah dan perbukitan. Meski begitu, hasil perjalanan yang panjang tersebut sangat membuahkan hasil yang tidak kalah indahnya untuk dikenang. Selain berfoto di pantai Iboih, kegiatan favorit para wisatawan adalah snorkeling. Pemandangan bawah laut yang bersih dan jernih ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyak para wisatawan yang mengabadikannya dengan mengambil foto bawah air. Suasana pantai iboi yang cenderung sunyi memberikan kesan tersendiri dari pantai-pantai lainnya. 

Berlibur ala Hawaii di pantai Ala Sumur Tiga

Wisata Pantai Sumur Tiga merupakan pantai indah yang terletak di gampong Ie Meulee, Pulau Weh. Pantai yang berpasir putih ini dikenal dengan panorama alam yang begitu mempesona. Pantai Sumur Tiga berlokasi di pantai timur Pulau Weh atau sekira 15 menit dari Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Sebagai pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara, pantai sumur tiga dilengkapi fasilitas pendukung  seperti diving dan snorkling, sehingga tak heran bila pantai ini banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan untuk memanjakan diri di pantai ini.

Konon kaatnya, asal muasal nama Pantai Sumur Tiga ini dikarenakan memiliki tiga sumur air tawar disana. Sehingga oleh sebab iu tempat itu dinamai dengan nama Pantai Sumur Tiga. Pantai Sumur Tiga memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pantai Iboih atau pun Pantai Gapang. Pasir di Pantai Sumur Tiga lebih putih berkilau bak kristal dan lembut meskipun airnya sedikit berombak. Panorama pantainya membentangkan laut biru dipadu angin sepoi yang menggerakkan nyiur di pinggir pantai. Penginapan di sekitar pantai Ala Sumur Tiga ini sangat menarik loh untuk ditinggali!

Menyelam di dasar laut pulau rubiah

Pulau Rubiah adalah sebuah pulau tak berpenghuni, yang memiliki keindahan bawah laut nan mempesona. Bahkan, saking indahnya panorama yang ditawarkan, pulau ini juga dijuluki sebagai Taman Laut Rubiah. Pulau ini letaknya disebelah barat laut dari Pulau Weh. Untuk menuju ke pulau, wisatawan bisa menggunakan rute dari Banda Aceh menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue, lalu menggunakan kapal feri untuk menyebrang ke Pulau Weh. Setelah tiba di Pulau Weh, wisatawan harus terlebih dahulu menuju ke Pantai Iboih. Dari sini pengunjung bisa menyewa perahu motor atau speedboat untuk menuju ke Pulau Rubiah. Perjalanan menuju ke pulau dari Pantai Iboih ini hanya sekitar 20 menit saja. Harga sewa yang dipatok pun terbilang cukup bersahabat, yaitu mulai Rp. 20.000 per orang. Jadwal keberangkatan kapal ini dibuka setiap dua hari sekali. Pulau ini bagaikan surga bagi para pecinta snorkeling dan diving.

Berfoto di tugu nol kilometer 

Tidak afdol rasanya ke Sabang tetapi tidak mengunjungi Tugu Nol Kilometer yang menjadi salah satu ikon kota aceh ini. Anda dapat mengambil foto berlatar belakang ikon menarik ini. Disamping itu, anda juga dapat membeli cinderamata yang dijual di bawah tugu ini berdiri. Dari atas tugu ini anda dapat memandang keindahan lautan Aceh dari jauh. Tugu ini berada di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Tepatnya di ujung barat laut Pulau Weh. Tugu ini menjadi objek wisata sejarah yang menjadi penanda geografis sisi barat Indonesia. Tugu Nol Kilometer mempunyai tinggi sekitar 43,6 mdpl dan badan tugu ini dicat berwarna putih.

Menikmati percikan air terjun pria laot

Source: ksmtour.com

Kemegahan Air Terjun Pria Laot dapat membuat anda rileks dan melupakan beban anda seketika. Air terjun pria laot sering disebut dengan “spa alam” ini terletak di desa Pria Laot, 12 kilometer dari pusat kota Sabang. Untuk menuju lokasi air terjun ini, Anda harus berhenti di ujung jembatan desa yang berada persis di depan menara pompa air minum kota Sabang. Dari sini perjalanan harus dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 1 km. Setelah menempuh perjalanan dengan bebatuan anda akan menemukan kemegahan air terjun Pria Laot ini dengan kolam kolam berukuran sekitar 10 meter persegi dengan kedalaman antara 1 hingga 1,5 meter. Tinggi tebing air terjun hanya sekitar 15 meter sehingga percikan airnya tak terlalu deras. Anda dapat berenang dengan santai sembari menikmati sejuknya udara hutan. Seru bukan?

Leave a Comment