10 list barang yang harus dibawa saat traveling

Semua barang sudah kamu masukkan ke dalam koper. Dari pakaian, perangkat elektronik, hingga peralatan mandi. Tapi sesampainya di tempat wisata rasanya ada yang kurang. Ya, rupanya ada beberapa barang yang kamu lupakan untuk dibawa. Hasilnya ada sedikit kendala dalam perjalanan wisata kamu.

Namun terkadang, barang-barang yang sebenarnya kamu pikir sepele dan tidak diperlukan ternyata penting lho untuk kenyamanan liburanmu. Daripada ada yang tertinggal, lebih baik yuk simak 10 barang yang terkesan sepele tapi sebenarnya wajib dibawah ini dan cek lagi ya barang-barang yang sudah kamu siapkan.

1. Uang dan Dokumen untuk keperluan tak terduga

Lengkapi dokumen kamu seperti KTP dan SIM, paspor dan visa jika dibutuhkan, tiket pesawat dan transportasi lainnya, serta bukti reservasi hotel. Jangan lupa juga untuk membawa salinan dokumen-dokumen tersebut dan simpan pada tempat terpisah. Pastikan kamu membawanya dengan aman, ada baiknya jika membawa tas kecil yang selalu melekat dengan kamu, untuk mempermudah pengawasan. Selain membawa dokumen fisik, kamu bisa scan dokumen tersebut menjadi digital dan menyimpannya di e-mail agar lebih praktis.

Selain itu, kamu juga harus membawa uang tunai lebih, untuk mencegah mencari ATM yang terlalu jauh dari lokasi kamu berada. Jadi jangan terlalu mengandalkan kartu ATM atau kartu kredit, karena nggak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit. Lebih baik menghindari daripada mengobati kan?

2. Tas travel untuk semua perlengkapan

Memang semua orang yang berlibur sudah pasti akan membawa koper atau tas untuk menyimpan baju dan perlengkapan lainnya. Tapi, pastikan kamu memilih jenis tas atau koper yang sesuai dengan acara dan tujuan kamu berlibur.

Tentukan tas model apa yang kamu butuhkan selama traveling. Jenis tas ini ditentukan dari tipe, tujuan dan berapa lama waktu perjalanan kamu. Jika kamu berencana untuk backpacker, lebih baik membawa tas ransel dengan ukuran yang disesuaikan. Atau jika kamu memilih untuk menggunakan koper atau tas jinjing, sesuaikan juga dengan banyaknya barang bawaan kamu. Jangan lupa untuk menyisipkan tas lipat untuk digunakan saat ekplorasi tempat wisata.

Apapun tasnya, ada baiknya kamu memilih tas dengan warna terang supaya tas gampang untuk dikenali di pengambilan bagasi.

3. Obat-Obatan Pribadi

Photo Source: https://zulliesikawati.files.wordpress.com/2017/06/obat-obatan.jpg

Perlengkapan darurat mungkin bisa digunakan untuk mengobati penyakit akibat kurangnya kebersihan (baca perlengkapan no.4), tapi sebenarnya perlengkapan darurat lebih ditujukan kepada P3K.

P3K harus selalu kamu bawa karena kamu nggak tahu kapan kecelakaan akan terjadi, dan ketika ada kecelakaan terjadi, kamu nggak perlu terlalu panik karena kamu sudah dilengkapi dengan obat-obatan.

Kamu juga bisa dengan gampang mengatasi luka kaki akibat sepatu dengan plester yang sudah kamu siapkan. Nggak ada salahnya kalau terlalu berhati-hati.

4. Pakaian Sesuai Musim Tujuan Liburan

Kenali lokasi tujuan kamu, sesuaikan pakaian yang kamu bawa dengan cuaca di sana. Biasanya jika akhir tahun beberapa bagian negara akan mengalami musim dingin, jadi persiapkan sweater, jacket, atau baju lengan panjang untuk melindungi tubuh kamu dari cuaca dingin, atau saat bepergian di malam hari.

Kamu juga bisa melengkapi pakaian musim dingin kamu dengan membawa syal, sarung tangan, kaos kaki, kupluk, atau pelindung telinga.

Namun jangan membawa pakaian terlalu banyak, yang pada akhirnya tidak sempat digunakan. Pilih pakaian dengan model dan warna yang dapat di mix & match. Pakaian tidur biasanya dapat digunakan untuk beberapa malam. Untuk pakaian dalam, kamu dapat membeli pakaian dalam disposable untuk mengurangi barang bawaan.

5. Kamera

Kamera nggak hanya dibutuhkan oleh seorang fotografer saja, ketika sedang berlibur semua orang perlu membawa kamera. Apalagi kalau tempat tujuannya sangat bagus. Masa sih kamu nggak mau mengabadikan kenangan kamu?

Kabarnya, dengan kamera yang siap foto, kamu akan menjadi lebih teliti dan melihat sekitar kamu dengan pandangan yang berbeda. Kamu akan terbiasa menemukan titik keindahan dari segala sesuatunya karena kamu memikirkan bagaimana caranya untuk mendapatkan foto indah yang bisa kamu abadikan.

6. Perlengkapan sanitasi, tampil bersih ke manapun kamu pergi

Untuk meringankan barang bawaan, kamu dapat memanfaatkan toiletries yang disediakan oleh beberapa hotel. Namun jika hotel yang dituju tidak menyediakan toiletries, kamu dapat membawa alat-alat sanitasi seperti sabun mandi, shampoo, sikat gigi, sabun pencuci muka dan lainnya dalam ukuran kecil dan ditempatkan pada satu tempat tahan air.

Bawa kosmetik dan aksesoris sesuai dengan kebutuhan kamu, simpan dalam kantong terpisah agar mudah diambil saat dibutuhkan. Untuk para wanita, jangan lupa untuk membawa pembalut wanita, untuk berjaga-jaga jika siklus kamu bergeser. Simpan semua keperluan pribadi dalam sebuah kantong terpisah agar lebih mudah dan praktis.

7. Travel Charger, Power Bank, Car Charger

Ketika sedang packing, ini mungkin adalah perlengkapan pertama yang kamu ingat. Bagaimana nggak? Kalau nggak ada travel charger, kamu nggak akan bisa memainkan HP kamu dengan leluasa.

Apalagi terkadang hotel mempunyai jenis colokan yang nggak universal. Maka dari itu, kamu harus selalu membawa alat ini ketika kamu sedang berlibur, dimana pun itu.

Walaupun sudah pasti ingat untuk membawa travel charger, biasanya kamu lupa untuk membawa travel charger yang ada colokan USB-nya. Alhasil, travel charger yang sudah kamu bawa pun jadi nggak ada gunanya, dan kamu harus membeli charger baru yang mempunyai ujung USB.

8. Kacamata Hitam, biar tetap cool

Nah, ini dia perlengkapan yang perlu kamu bawa kemana saja tanpa membedakan apapun cuacanya. Memang kacamata hitam mampu melindungi kamu dari silaunya sinar matahari, tapi apakah kamu tahu kalau salju pun memantulkan 80% dari cahaya ultraviolet yang bisa merusak matamu?

Bagi kamu yang ingin berlibur ke tempat bersalju seperti pegunungan di Papua, pastikan kamu juga membawa kacamata hitam.

Nggak hanya itu saja, kacamata hitam bisa kamu gunakan untuk melindungi kamu dari debu ketika kamu sedang berkendara. Kamu juga bisa mencegah sakit kepala dan migrain dengan kacamata hitam jika cuaca sedang terik-teriknya.

9. Sandal atau sepatu nyaman

Kemana pun liburannya, pastikan kamu nggak lupa untuk membawa sandal atau sepatu nyaman cadangan. Bayangkan jika kamu ingin melihat-lihat dan harus berjalan jauh dengan menggunakan sepatu stylish yang sama sekali nggak nyaman?

Kamu hanya akan membebani diri kamu sendiri dan jalan-jalan pun nggak akan terasa asik ketika kamu terganggu seperti ini. Di pikiranmu pasti hanya ingin kembali ke hotel atau mampir ke supermarket untuk membeli sandal baru.

Nah, daripada membuang uang seperti ini lebih baik kamu bawa sandal cadangan dari awal. Apalagi kalau tempat yang kamu kunjungi melibatkan banyak pasir, bebatuan, atau hutan lindung. Berinvestasi pada sepatu yang bagus merupakan pilihan bijak.

10. Headset, karena kamu butuh musik untuk menemanimu

Ini adalah salah satu perlengkapan wajib bawa ketika kamu sedang naik pesawat, apalagi kalau kamu melakukan penerbangan panjang. Daripada bosan merenung selama berjam-jam, lebih baik kamu isi waktumu dengan mendengarkan lagu di pesawat.

Kegunaan headset nggak hanya terbatas di pesawat saja, kamu bisa menggunakan headset ketika kamu sedan melihat-lihat tempat sekitar. Mungkin kalau nggak ada perlengkapan ini kamu bisa merasa sangat bosan selama perjalanan kamu berganti area.

Itulah Sepuluh perlengkapan yang wajib kamu bawa saat pergi liburan di akhir tahun ini versi indonesiatour.guide yang mungkin dapat mengingatkan kamu sebelum pergi liburan.

Berlibur sepanjang kerja dalam setahun adalah hal yang paling mengasyikkan karena tidak hanya kamu bisa memborong belanjaan dan refreshing. Kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan bumi yang bisa kamu jadikan teman atau koneksi kerja baru.

Lakukan persiapan liburan dengan baik dimulai dengan memilih dan memiliki barang yang tepat ya guys!

Selamat Berlibur. 😉

Leave a Comment