Wisata Pulau Alor NTT

Kejutan indahnya alam di Pulau Alor

Alor, indah namanya. Sebuah Pulau yang terletak di ujung timur Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau ini memiliki keunikan tersendiri, di pesisir pantai  Pulau Alor terdapat sebuah desa yang menyimpan Al-Quran tertua di Asia Tenggara. Bahkan lebih menakjubkan lagi, Al-Quran ini terbuat dari bahan dasar kulit kayu dengan pewarna alam yang usianya lebih dari 800 tahun! Al-Quran ini merupakan bukti dari sejarah masuknya agama islam ke Indonesia, dahulu para mubaligh islam dari Kesultanan Ternate pada abad ke 15 yang membawa Al-Quran ini. 

Selain Al-Quran tersebut, Pulau Alor juga menyimpan warisan dari nenek moyang mereka. Suku asli Alor, ”Abui” menyimpan “Moko”, Moko adalah semacam gendang dari perunggu. Banyaknya masyarakat Abui yang masih menyimpan Moko ini menyebabkan Pulau Alor sering dikenal sebagai Pulau 1000 Moko. Moko sendiri asalnya dari suku Dongson, Vietnam Utara. Unik bukan sejarah di Pulau Alor? Keunikan Pulau Alor tidak sampai disitu saja, anda harus datang langsung dan merasakan wisata Pulau Alor yang sangat alami.

Berikut ialah 5 wisata Alor pilihan temanalor.com

1.Bertemu Ikan Dugong di Pulau Sikka

Mawar namanya, sahabat nelayan di Pulau Sikka. Mawar adalah seekor Ikan Dugong atau sering dikenal dengan Ikan Duyung. Mamalia ini juga sangat ramah loh kepada para wisatawan. Anda dapat bertemu dengan Ikan dugong ini di Pulau Sikka menggunakan kapal nelayan lokal.  

Source: @temanalor

Berkat Alam yang luar biasa ini dijaga oleh masyarakat Alor hingga sekarang, Mawar masih terjaga di habitat alamnya. Terdapat peraturan tertulis yang dibuat untuk menjaga habitat dari Ikan Dugong ini. Diantaranya adalah pengunjung tidak boleh menyelam di habitat ikan Dugong, tidak boleh menyentuh, memberi makanan, dan menganggu ketenangan ikan dungong, dan tidak boleh membuang sampah dan mencemari lautan. Anda diperbolehkan untuk merekam dan memasukkan action camera dengan tongkat ke dalam air tanpa menyakiti Ikan Dugong. Jika Anda hendak mengunjungi Ikan Dugong, Durasi maksimal hanya 30 menit dengan waktu kunjungan pukul 9 pagi – 3 sore WITA. Jumlah kunjungan paling banyak adalah 2 kali dalam satu minggu, artinya maksimal hanya 16 orang yang dapat mengunjungi Mawar perminggunya. Jika anda berencana untuk mengunjungi Ikan Dugong di Pulau Sikka, waktu terbaik melihat Mawar adalah di akhir bulan September hingga awal Oktober. Penasaran bertemu dengan mawar?


2.Merasakan pengalaman menjadi masyarakat asli Alor di Desa Takpala

Keindahan alam tidak lengkap tanpa merasakan kebudayaan aslinya. Mengenal dan hidup seperti orang lokal Alor akan melengkapi pengalaman anda sehingga tidak terlupakan. Mulai dari memakai baju adatnya, mempelajari fungsi peralatan turun menurunnya, sampai mencicipi kuliner khas Alor dapat anda rasakan di Desa Takpala ini.

Source: @temanalor

Desa Takpala adalah sebuah kampung bagi suku Abui yang masih sangat tradisional di sebuah bukit yang tak jauh dari pantai. Ketika anda datang ke desa ini, anda akan mendengar suara hentakan kaki diiringi gemerincing gelang kaki oleh wanita-wanita suku Abui. Diikuti oleh nyanyian syair lagu oleh lelaki pejuang. Itulah awal tari lego-lego yang akan membuat anda terkesan oleh sambutannya.

Takpala memiliki macam-macam rumah adat berbentuk limas dengan beratapkan ilalang. Desa ini benar-benar sangat tradisional dan kental adatnya. di tahun 1980 desa ini mendapatkan juara 2 nasional sebagai desa paling tradisional. Pada tahun 1983 Desa Takpala ditetapkan sebagai salah satu tujuan wisata di Pulau Alor oleh Dinas Pariwisata Alor. Hal ini terjadi akibat ramainya wisatawan eropa yang datang sejak tahun 1973 dahulu, diketahui seorang turis warga belanda bernama Ferry memamerkan foto warga Kampung Takpala untuk kalender, sejak saat itu Pulau Alor terus dikenal di Mancanegara.

3. Island Hopping ke 3 pulau terindah di Nusa Tenggara Timur

Belum ke Pulau Alor kalau belum melakukan Island Hopping. Nah Island Hopping adalah aktivitas mengunjungi dari satu pulau ke pulau lainnya. Jika anda memiliki sangat menikmati perjalanan laut dari satu pulau ke pulau lainnya, wisata ini akan sangat cocok untuk Anda! Diperjalanan Anda dapat bertemu dengan lumba-lumba, loh. Anda dapat mengunjungi Pantai Jawa Toda Pulau Pantar, kemudian Pulau Island, dan Pulau Ternate dalam 1 hari. Ketiga pulau tersebut memiliki ciri dan keindahannya tersendiri.

Pantai pasir putih jawa toda juga sering disebut pantai java toda. Konon katanya ketika pasukan Majapahit berlabuh, mereka melihat ada benda yang berbentuk seperti perahu. Mereka mencoba mengikat benda tersebut dan menariknya, namun ternyata hanyalah sebongkah batu besar yang mirip perahu. Masyarakat yang melihat kejadian tersebut menamakannya dengan Jawa Toda Wato yang artinya orang Jawa menarik batu.

4.Menjelajahi Air Terjun Ilawe

Jika anda seorang petualang dan menikmati 2 jam trek perjalanan untuk menemukan air Terjun menakjubkan maka ini adalah perjalanan untukmu. Siapa sangka Pulau Alor memiliki Air Terjun sekeren ini? 

Souce: i1.wp.com

Air terjun Ilawe berlokasi di desa Alila Timur kecamatan Kabola, Alor. Air terjun Ilawe yang paling pertama anda dapat anda temukan setelah berjalan 2 jam memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan kolam dibawahnya sambil mengabadikan foto kenangan bersama rekan berpetualang anda, tentu saja anda dapat berenang menurut guide lokal di sana terdapat beberapa undakan air terjun yang lebih tinggi diatas. Bagaimana? Anda tertarik berpetualangan menyusuri hutan dan sungai kecil?

5.Snorkeling di Alor, Kenapa Tidak?

Seperti sayur tanpa garam, begitu pula jika anda tidak menyempatkan diri anda untuk snorkeling didalam indahnya laut disekitar Pulau Alor. Tidak lengkap rasanya jika pulang tanpa pengalaman snorkeling baru, maka anda harus menyediakan waktu khusus dan memesan peralatan snorkeling jika berencana ke Pulau Alor. 

Anda harus tahu, perairan di sekitar selat Pantar adalah spot snorkeling terbaik karena Selat Pantar merupakan pertemuan arus dari Laut Sawu dan Laut Banda sehingga menjadikannya kaya akan keragaman hayati. Selain snorkeling, anda juga dapat melakukan diving untuk menemukan beragam biota di bawah laut Pulau Alor. Tetapi, pastikan dahulu diri anda memiliki diving license ya!

Bagaimana? Ingin merasakan kejutan indahnya alam Pulau Alor Nusa Tenggara Timur ini? Selain 5 hal di atas anda juga dapat memilih Pulau Ling’al, Bukit Hulhani, Savana Tuti Agadae, dan Pasar Lola untuk anda jadikan destinasi utama perjalanan Andaloh! Pulau Alor yang memukau ini dapat anda jelajahi dalam 4 hari 3 malam dengan budget kisaran 3 – 4 juta rupiah loh! Belum termasuk harga tiket pesawat yaa… Yuk Visit Alor!

Leave a Comment