Taman Laut Bunaken

Daya Tarik Taman Nasional Bunaken sebagai Situs Warisan Dunia

Siapa yang tidak tahu daya tarik Taman Nasional Bunaken? Taman Nasional Bunaken memiliki Taman Laut yang terkenal. Taman Laut ini menjadi daya tarik dunia karena kekayaan dan keragaman terumbu karang, rumput laut, dan jenis ikannya. Taman laut bunaken terdapat di Provinsi Sulawesi Utara tepatnya di dasar laut Pulau Bunaken. Pulau Bunaken sendiri terletak di Teluk Manado memiliki luas 8,08 km². Untuk mencapai ke Pulau Bunaken, Anda dapat menyewa kapal cepat (speedboat) yang membutuhkan sekitar 30 menit dari pelabuhan Manado.  Penasaran apa wisata apa saja yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara jika mengunjungi Bunaken? 

Taman Laut Bunaken terkenal sampai mancanegara, taman ini menjadi simbol wisata Sulawesi Utara. Banyak orang yang penasaran dengan surga yang ada di dalam pulau di Indonesia ini. Bagaimana tidak, taman laut ini memiliki 39 titik untuk menyelam dengan kedalaman yang bervariasi loh. Anda dapat melihat 13 jenis terumbu karang bahkan ada “underwater great walls” yang terkenal , yaitu dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke bawah di kedalaman 25 – 50 meter. Siapa saja bisa menyelam melihat keindahannya karena Taman Laut Bunaken menyediakan fasilitas yang lengkap untuk Anda. Tidak usah khawatir jika belum pernah menyelam sebelumnya karena Anda bisa menyewa kapal selam yang telah didesain secara khusus agar anda tetap dapat leluasa melihat pemandangan bawah laut. Jika anda cukup berani anda dapat melakukan aktivitas snorkeling maupun diving. 

Taman laut bunaken ditemukan pada tahun 1975 oleh Nusantara Diving Club (NDV), salah satu klub selam tertua di Indonesia. Pemerintah Manado bercita-cita agar Taman Laut Bunaken dapat menjadi wisata bahari dan wisata pendidikan. Sejak saat itu tempat tersebut ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk menjaga kelestariannya, lokasi ini resmi dijadikan Taman Nasional pada tahun 1991. Kemudian di tahun 2005, Taman Nasional Bunaken masuk ke situs warisan dunia UNESCO. 

Waktu berkunjung terbaik adalah bulan Mei – Agustus, di waktu tersebut, anda dapat menikmati perairan yang sangat jernih dengan suhu yang hangat untuk menyelam. Apabila anda ingin menikmati Festival Bunaken, Bulan Oktober adalah momen yang paling bai.  Fasilitas penginapan di Bunaken sudah tersedia dengan lengkap. Beberapa hotel juga menyewa peralatan selam bersama instruktur yang pandai berbahasa asing. Harga masuk ke Pulau Bunaken adalah Rp50.000/orang untuk satu kali masuk. Bahkan anda dapat membeli tiket akses selama 1 tahun hanya dengan harga Rp150.000, hemat juga ya jika anda ingin beberapa kali ke bunaken?

3 Spot Diving terbaik di Bunaken:

1, Reruntuhan Kapal

Spot diving yang paling menarik adalah reruntuhan kapal, kapal tersebut dulunya milik pedagang jerman yang karam. Spot ini berada di kedalaman 23 m di bawah permukaan laut dengan ukuran luas sekitar 60 m. Sekarang, reruntuhan kapal karam ini menjadi rumah bagi puluhan ribu ikan disini. Anda dapat menyusuri reruntuhan kapal ini mulai dari pegangan kargo hingga ruang kemudi yang sudah ditumbuhi oleh karang.

2. Muka Gereja

Jika hanya anda ingin snorkeling saja, anda dapat melakukannya di area muka gereja. Spot yang indah memang lebih dangkal tetapi tidak terlepas dari keindahan terumbu karang yang memiliki retakan dan gua-gua kecil. Berenang bersama ikan-ikan sambil mengambil foto dibawah air. Dispot ini anda bisa menemukan berbagai jenis anemon laut, dan jika anda beruntung anda dapat melihat white tip reef shark di gua bawah laut.

3. Puncak Barakuda

Merupakan spot yang tidak kalah menarik dan lokasinya paling jauh. Puncak barakuda berada di bagian barat laut Taman Nasional ini. Seperti namanya, anda dapat menemukan gerombolan ikan barakuda berukuran besar di spot tersebut. Tidak hanya ikan barakuda, anda dapat menemukan ikan jack, ikan tuna, karang lunak, dan spons disana. Tempat ini berbeda dengan daerah yang lain karena arus disini terbentuk dari pergantian antara daerah terumbu karang dan daerah berpasir. Berani mencoba?

Berkunjung ke Bunaken tidak lengkap jika tidak menikmati kuliner Manado yang terkenal enaknya.

Berikut 25 Kuliner di Manado yang wajib anda cicipi:

  1. Cakalang Fufu
  2. Bubur Tinutan (Bubur Manado)
  3. Sambal Roa
  4. Dabu-dabu
  5. Nasi Kuning Saroja
  6. Woku Belanga
  7. Nasi Jaha
  8. Paniki
  9. Kawok
  10. Tuturuga
  11. Sambal Dabu
  12. Pisang Goreng Sambal
  13. Tart Kelapa (Klappertaart)
  14. Ayam Rica-rica
  15. Ikan Kuah Asam
  16. Sayur Ganemo
  17. Panada
  18. Ayam Isi Buluh
  19. Sup Brenebon
  20. Pampis
  21. Ikan Tude Bakar dan Goreng
  22. Mie Cakalang
  23. Kue Gulung
  24. Tinoransak
  25. Halua Kenari

“Makan kenyang pakai sayur ganemo, Jangan lupa rasakan kuliner manado!”

Leave a Comment