5 Tips semangat dalam berpuasa

indonesiatour.guide – Berpuasa sambil #bekerjadirumah membuat jarak anda dekat kepada dapur, tantangan yang mungkin berbeda dari tahun sebelumnya.
Ini dia 5 tips untuk anda dapat tetap semangat menjalani puasa sebulan penuh!

1. Porsi makanan secukupnya

Perubahan pola makan yang terjadi selama berpuasa dapat membuat tubuh Anda menjadi kurang bertenaga, jika asupan nutrisi kurang dan istirahat tidak cukup. Oleh karena itu, memperoleh zat gizi yang cukup dan lengkap begitu penting dipenuhi, baik ketika sahur maupun berbuka puasa.

Lalu bagaimana cara sukses menjaga pola makan? Mari ikuti pola makan sehat berikut:

Ketika Sahur

  1. Konsumsi makanan yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks tinggi, seperti buah, sayur, dan whole wheat, pada saat sahur dapat membantu memperpanjang rasa kenyang selama berpuasa.
  2. Hindari makanan yang asin, cepat saji, pedas atau acar karena mengonsumsi makanan tersebut akan meningkatkan rasa haus sesaat berpuasa.
  3. Perbanyak asupan cairan, baik dari air putih ataupun makanan yang banyak mengandung cairan seperti buah, sayur dan sup.
  4. Usahakan untuk konsumsi makanan sahur sekitar setengah jam sebelum imsak.

Ketika Berbuka Puasa

  1. Anda disaran untuk minum segelas air dahulu sebelum mengonsumsi makanan untuk optimalkan asupan cairan karena tubuh mengalami dehidrasi selama berpuasa. Ingat kebutuhan air minimal 10 gelas/hari.
  2. Berbuka dengan perlahan untuk menghindari sakit perut saat berbuka. Sebaiknya tidak disarankan untuk langsung berbuka dengan makanan yang berat. Anda dapat memulainya dari meminum air putih, diikuti ta’jil dan kemudian makanan utama dengan waktu berjarak 1.5 jam dari waktu berbuka. Hal tersebut dilakukan agar perut siap untuk mencerna makanan.
  3. Pilihlan makanan dengan kandungan gula yang cukup serta rendah lemak untuk mengembalikan kadar gula darah yang turun selama berpuasa ke normal.
  4. Konsumsi makanan secukupnya dengan porsi yang tidak berlebihan.

2. Mengatur jam tidur

Pada bulan ramadhan kurangnya waktu tidur dapat berdampak pada hormon dalam tubuh yang mengontrol nafsu makan. Ketika waktu tidur berkurang, maka nafsu makan meningkat, sehingga berpuasa saat Ramadan akan lebih sulit dan terasa begitu berat guys.

Namun, Anda yang berpuasa tidak perlu khawatir. Kami membagi tips agar dapat tidur dengan lebih baik di saat Bulan Suci Ramadan.

1. Kuantitas tidur

Cobalah untuk mendapatkan kuantitas tidur yang sama seperti waktu normal 24 jam. Orang normal membutuhkan waktu tidur 7-8 jam sehari. Namun, waktu tidur tersebut sulit dicapai saat Ramadan. Karena itu, ada baiknya mengatur waktu tidur.

2. Kualitas tidur

Waktu tidur yang berkualitas amat penting, bahkan lebih krusial dibandingkan kuantitas tidur. Jika ingin tidur Anda lebih berkualitas, coba untuk tidur dalam keadaan yang tenang dan gelap. Gunakan penutup telinga atau masker untuk mata dapat membantu Anda tidur dengan lebih berkualitas.

3. Jaga asupan makanan

Mengonsumsi makanan berkalori dan manis memang dibutuhkan untuk memulihkan energi setelah berpuasa. Akan tetapi, usahakan tidak menyantap terlalu banyak makanan yang mengandung kalori dan gula tinggi saat berbuka. Sebab, jenis makanan tersebut dapat mengganggu kualitas tidur Anda

4. Hindari kopi atau produk kafein

Kafein akan mengendap di sistem pencernaan selama kurang lebih 7 jam. Pastikan Anda mengonsumsi kopi atau kafein ketika tidak berencana untuk tidur selama 7 jam ke depan. Kopi atau kafein mungkin tidak cukup ampuh membuat Anda terjaga, tetapi pasti akan berdampak pada kualitas tidur.

3. Mengganti jam olahraga

Ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan waktu terbaik untuk tubuh melakukan proses detoksifikasi. Sebab, selama berpuasa saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon berada dalam kondisi beristirahat dari yang biasanya bekerja mencerna makanan selama lebih kurang 18 jam.

Puasa yang dilakukan selama satu bulan dalam satu tahun acap kali membuat tubuh membutuhkan proses adaptasi yang tepat supaya tetap sehat dan fit dalam menjalaninya.

Jika tidak dilakukan dengan benar, misalnya dengan tertib melakukan sahur dan buka puasa, maka puasa bisa melemahkan tubuh dan meningkatkan risiko datang penyakit.

Anda yang senang berolahraga bisa jadi kesulitan menemukan waktu yang baik untuk terus menjalankan hobi positif tersebut selama berpuasa dan kami menyarankan waktu yang baik untuk berolahraga pada saat puasa adalah 45 menit sebelum berbuka atau setelah tarawih agar tubuh tidak lemas dan dehidrasi.

4. Perbanyak minum air mineral

Ahli Gizi Fiastuti Witjaksono menyarankan, agar orang yang berpuasa minum tiga gelas air putih ketika sahur. Bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan, orang yang kurus, dan orang dengan risiko penyakit tertentu, cairan ini perlu ditambah susu.

Cairan ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, sehingga tidak terjadi dehidrasi. Minum teh dan kopi tidak disarankan selama sahur, sebab keduanya mengandung kafeina yang bersifat deuretika.

Minuman ini bisa dikonsumsi saat berbuka. “Kalau minum kopi saat sahur, kencing banyak. Kita bisa dehidrasi,” kata Fiastuti mengingatkan.

5. Apresiasi dirimu

Setelah berpuasa selama 1 bulan, anda dapat memberikan apresiasi kepada diri anda maupun keluarga anda dengan memberikan hadiah bertamsya ke tempat wisata setelah wabah corona berakhir.

Indonesia tour guide sebagai pltafrom penyedia layanan pariwisaata terbesar di indonesia, menyediakan banyak sekali paket wisata kesuluruh indonessia dengan harga yang bervariasi tentunya, banyak sekali destinasi wisata yang dapat anda di explore di indonsia melalui platfrom indonesia tour guide.

Salam Pariwisata!

Leave a Comment