5 Pengalaman yang tak terlupakan, Karimun Jawa

Butuh liburan dengan bermacam pilihan tetapi dalam waktu yang singkat? Karimun Jawa adalah jawaban untuk libur singkatmu. Karimun Jawa merupakan pulau yang terletak di pinggir pulau jawa. Pulau ini menawarkan banyak wisata mulai dari snorkling dibawah laut, wisata di berbagai pantai, sampai berfoto bersama hiu.

1. Berenang bersama ikan hiu di Penangkaran Hiu Manjangan Kecil

Photo Source : https://images.app.goo.gl/zNJagFvf5zc2Ua25A

Selain mengunjungi pantai, anda juga dapat berenang bersama ikan hiu di karimunjawa. Penangkaran Hiu menjadi salah satu opsi menarik untuk anda coba. Wisata ini dapat anda temukan di Karimunjawa. Anda dapat berfoto, melihat gerombolan ikan hiu dari dekat, serta berenang bersama. Biaya masuk ke penangkaran ikan hiu tersebut adalah Rp40.000. Selain berfoto dengan hiu anda juga dapat berfoto dengan penyu dan ikan fugu yang menggemaskan di penangkaran ini. 

Pengelola menunjukkan bahwa tidak selamanya ikan hiu itu buas dan menakutkan, ikan hiu juga dapat bersahabat. Pengelola juga meyakinkan bahwa ikan hiu disana jinak dan tidak menggigit, tetapi tetap ada aturan untuk berenang bersama hiu. Misalnya, dilarang memasukkan tangan ke dalam air karena dianggap sebagai umpan, dan jangan membuat gerakan-gerakan yang mengganggu ketenangan hiu.

Lokasi penangkaran ikan hiu ini berada di Pulau Menjangan, 5 – 10 menit dari Karimunjawa. Untuk mencapai tempat tersebut harus menempuh waktu sekitar 2,5 jam dengan kapal fery ekspress sekitar 250 ribu rupiah atau  kapal muria yang lebih murah sekitar 70 ribu rupiah. Jam operasional tempat penangkaran ikan hiu ialah jam 7 pagi – 5 sore. Biasanya untuk mendapatkan foto terbaik, wisatawan datang di siang hari. Tidak hanya ada penangkaran ikan hiu, wisatawan juga dapat mencicipi restoran dan berfoto di banyak spot foto di sekitarnya 

2. Mengambil foto di ikon Bukit Love Karimun Jawa

Photo Source: https://www.inibaru.id/nuploads/1/umum/bukit%20love.jpeg

Jika ke Karimunjawa, jangan lupa mengambil foto di Bukit Love Karimunjawa yang menjadi ikon tempat wisata ini. Anda juga dapat mengenal asal mula nama Karimunjawa menurut kepercayaan masyarakat sekitar. Nama Karimun berasal dari kata kremun atau berarti samar-samar, karena ketika kita  menuju pulau tersebut dikatakan bahwa pulaunya terlihat kremun atau samar-samar. Sehingga Karimun  Jawa merupakan penegasan dari kata kremun yang artinya samar-samar. Pulau yang indah ini memiliki kecantikannya tersendiri. Berfoto di ikon Bukit Love dapat memperlihatkan indahnya pulau dengan pantai di sekelilingnya.

3. Melepas penat di Pantai Pulau Galeang

Photo Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2018/04/karimun-7-2-43939e943faf5eda823c6fb6716dcb90.jpg

Saat-saat yang paling dinanti adalah ketika matahari terbenam. Bermain di pantai Pulau Geleang bisa menjadi salah satu opsi untuk anda menghilangkan penat anda. Pulau ini belum ramai dikunjungi wisatawan dan terletak di bagian barat Karimunjawa. Indahnya pasir putih dan hangatnya matahari sangat cocok untuk anda yang suka berjemur di pantai. Dipantai ini, anda dapat bermain pasir, berenang, dan snorkeling. Jangan lupa juga mengambil foto untuk anda bagikan di instagram anda.

4. Menatap sunset di Pantai Tanjung Gelam

Photo Source: https://phinemo.com/wp-content/uploads/2017/12/21296641_1843484292333756_5616586307015802880_n-1024×615.jpg

Selain pantai Pulau Geleang anda juga dapat menikmati hangatnya matahari di pantai Tanjung Gelam yang eksotis. Pesona pantai di Karimunjawa memang tidak ada habisnya, ada saja alasan untuk kembali ke pulau ini. Anda dapat barbeque sambil menikmati es kelapa muda yang menyegarkan sambil menunggu matahari terbenam di Pantai Tanjung Gelam. Pantai ini terkenal dengan sunset yang indah dan akses ke pantai ini mudah. Berwisata ke pantai Tanjung Gelam satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri, kamu bisa sekaligus menyaksikan pesta Lomban. Tradisi oleh masyarakat untuk mengungkapan rasa syukur masyarakat atas berkah yang mereka terima.   

5. Menyantap ikan bakar di pantai Pulau Cemara Kecil

Photo Source: https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2016/06/11/718457/670×335/6-alasan-untuk-kunjungi-karimunjawa-setidaknya-sekali-seumur-hidup.jpg

 Berbeda dengan pulau lainnya, pulau ini masih sangat alami karena tidak berpenghuni. Pasir putih nan bersih sangat nyaman untuk berjemur. Pulau Cemara Kecil yang terletak di bagian barat laut Karimunjawa, hanya perlu menempuh waktu 10 menit untuk sampai di pulau tersebut menggunakan speedboat. Air yang jernih membuat terumbu karang terlihat jelas. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melakukan snorkeling. Selain snorkeling, anda dapat menyantap ikan bakar di pantai Pulau Cemara Kecil. Ikan segar yang baru ditangkap dapat langsung dibakar sesuai keinginan anda. Sambil menunggu ikan dibakar, sambil menyelam. Seru ya?

Leave a Comment