4 Jajaran Pantai Manjakan Mata di Karimun Jawa

Wisata karimun jawa – Pulau Karimun jawa merupakan kepulauan di tengah laut jawa yang termasuk ke dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimun jawa secara keseluruhan terdiri dari 27 pulau dan hanya 5 pulau diantaranya yang berpenghuni.

Kepulauan Kerimun jawa menawarkan wisata bahari dan alam yang indah dan menawan untuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Nama Karimunjawa sendiri berasal dari dari sebuah cerita rakyat sekitar. Konon dulu Sunan Muria membuang anaknya yang nakal yang bernama Syekh Amir Hasar ke pulau yang kremun-kremun dalam bahasa Jawa, yang artinya samar-samar.

Karena tampak kremun-kremun maka pulau ini dinamakan pulau Karimun dan kini pulau tersebut akrab dikenal dengan nama Karimunjawa.

Adapun 5 pantai wisata di Karimunjawa yang wajib dikunjungi yaitu,

1. Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata yang ada di pulau karimunjawa ini . pantai Batu Putih Karimunjawa terletak di Dusun Jelamun, Desa Kemujan, Karimunjawa, Jepara. Lokasi dari Desa Karimunjawa kurang lebih 15km. Rutenya kalau dari Karimunjawa, cukup menuju desa kemujan. Tepatnya dusun Jelamun.

Panorama Pantai Batu Putih Karimunjawa membuat mata betah untuk memandannginya dan menikmati keindahannya, pantai yang sering dikunjungi penduduk lokal maupun wisatawan ini menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata yang amat ramai wisatawan, sesuatu sekali karna keindahan pantai ini. yaitu Pantai Batu Putih Karimunjawa, pantai yang konon namanya diambil dari sebuah Batu yang diats batu tersbut berwarna putih. yang kemudian pantai itu sering disebut Pantai Batu Putih dan kni menjadi icon bagi Pulau Karimunjawa. 

2. Pantai Legon Lele

Legon Lele Karimun Jawa ~ Merupakan sebuah daerah di pulau karimunjawa yang terdapat pantai, mangrove dan perbukitan (hutan / gunung). Kawasan pantai legon lele karimunjawa, adalah sebuah daerah tersembunyi dan cukup jarang di kunjungi oleh wisatawan, karena belum sepopuler lokasi wisata karimunjawa lainnya.

Di daerah legon lele ini selain terdapat pantai, juga terdapat hutan mangrove cukup asri. Tiap musim angin barat pantai legon lele sangat bersih serta air lautnya jernih. Pesona pemandangan yang sangat menakjubkan membuat orang menjadi penasaran. Lokasi legon lele berada di sisi sebelah timur dari pulau karimunjawa. Untuk bisa mengeksplore pantai legon lele, Anda bisa menyewa motor atau mobil. Perjalanan kurang lebih 15 menit dari alun-alun KarimunJawa, dan anda akan di sambut dengan pamandangan pantai yang indah dan mempesona.

3. Pantai Ujung Gelam

Karimun Jawa punya pantai yang menjadi ikon, namanya Pantai Ujung Gelam. Kurang lengkap rasanya, kalau kita berwisata ke Karimun Jawa tanpa mengunjungi pantai pantai indahnya, salah satunya Pantai Ujung Gelam.

Ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya yang putih dan halus, batu-batu besar di sekitar garis pantai, dan pohon kelapa yang terdapat di sepanjang garis pantai. Pantai ini letaknya cukup jauh dari pusat kota, maka keindahan dan keasrian lingkungannya pun masih sangat terjaga. Walaupun banyak warung yang terdapat di pantai ini, tapi alamnya maish sangat terjaga.

Namun, Untuk akses jalan menuju Ujung Gelam, gampang gampang susah. Tergantung moda transportasi yang kalian pilih, karena jaraknya lumayan jauh jika berpatokan ke pusat kota (Alun alun). Kita perlu sekitar 25 – 30 menit dengan sepeda motor atau mobil, jaraknya sekitar 8 sampai 10 kilometer. Sebenernya, untuk navigasi bisa menggunakan aplikasi Google Maps karena sudah tertera dengan jelas. Tetapi, ada baiknya juga bertanya ke warga lokal di sekitar lokasi Ujung Gelam.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Ujung Gelam adalah sore hari, ketika matahari hampir terbenam. Sunset di Karimun Jawa sangat indah jika kita lihat dari Pantai Ujung Gelam. Nah, tertarik ke Ujung Gelam, yuk ke Ujung Gelam!

4. Pantai Annora

Pantai Karimunjawa dikenal sebagai pusat wisata laut di Jawa Tengah. Selain terkenal dengan kuliner dan wisata bawah lautnya, Karimunjawa juga terkenal dengan pemandangan pantainya yang indah. Banyak wisatawan Indonesia tertarik untuk mengunjungi Karimunjawa pada setiap tahunnya.

Banyak pantai-pantai yang masih sepi dan belum terjamah yang bisa kita eksplorasi di Karimunjawa, salah satunya adalah pantai Annora. Pantai Annora merupakan pantai yang sangat menarik, karena sangat terkenal dengan pasirnya yang putih, laut yang tenang, dan gundukan pasir di tengah lautnya, walaupun letaknya cukup jauh dari pusat kota sehingga membuat kita harus sedikit menjelajah.

Untuk akses jalan menuju Pantai Annora bisa dikatakan lumayan sulit, tergantung dari moda transportasi apa yang kalian pilih, karena jaraknya lumayan jauh jika berpatokan ke pusat kota (alun-alun). Kita memerlukan waktu sekitar 30-40 menit dengan sepeda motor atau mobil, untuk jaraknya sendiri berkisar antara 12-15km. Sebenarnya, untuk bantuan navigasi bisa menggunakan aplikasi Google Maps, karena sudah tertera dengan jelas. Tetapi, ada baiknya juga kalian bertanya ke warga lokal di sekitar lokasi pantai Annora.

Nah, apa kalian tertarik untuk berkunjung? Yuk, ke Pantai Annora!

Leave a Comment