10 Tempat wisata di Purwodadi paling rekomended yang jarang diketahui

Tempat wisata di Grobogan menyimpan keunikan tersendiri dibanding dengan tempat wisata lainnya, Grobogan merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah yang memiliki ibu kota di Purwodadi, anehnya masyarakat lebih mengenal Purwodadi dibanding dengan Grobogan itu sendiri. Mungkin sebagian dari kita pernah dengar kata Swike Kodok yaitu salah satu makanan khas dari Purwodadi, namun sebagian besar umat muslim tidak menyukai makanan satu ini, bisa di alihkan ke yang lain seperti swike ayam maupun daging lainnya.

Wisata Grobogan ternyata banyak memiliki keunikan yang membuat banyak pengunjung terutama wisatawan lokal untuk berwisata di Grobogan, ada beberapa daftar tempat wisata yang bisa menjadi panduan anda ketika mengunjungi kota ini, mulai dari wisata alam hingga wisata buatan yang begitu megah, berikut daftar tempat wisata di Grobogan yang paling terkenal.

1. Jati Pohon

Jati pohon yang berlokasi sekitar 20 menit dari kota purwodadi dapat menjadi salah satu destinasi wisata Anda karena tempat ini berada di deretan pegunungan Kendeng Utara yang pasti menawarkan keasrian dan kesejukan.
Di Jati Pohon juga menyediakan pemandangan kota Purwodadi yang dapat dilihat dari atas. Lokasi Jati Pohon sendiri terletak di Desa Sumber Jatipohon, Kabupaten Grobogan.
Demikianlah beberapa tempat wisata di Purwodadi yang dapat Anda jadikan referensi untuk liburan bersama keluarga maupun bersama teman-teman.

2. Gua Urang

Gua Urang berasal dari nama sebuah undang urang merupakan bahwa jawa yang berarti udang. Gua ini memiliki nama urang karena dahulu di tempat ini terdapat banyak sekali udang. Selain sebagai tempat wisata gua Urang juga sering dikunjungi oleh peneliti untuk mengadakan penelitian dari berbagai daerah.
Gua Urang berlokasi di Dusun Guwo, Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi gua Urang memang akan sedikit sulit, karena Anda harus melewati persawahan penduduk setempat.

3. Air terjun Widuri yang masih alami

Mungkin Anda tidak asing dengan nama Widuri, atau bahkan telah mengetahui bahwa Widuri adalah nama dari sebuah pantai di Pemalang. Di Purwodadi, Grobogan juga terdapat tempat wisata yang bernama Widuri, namun Widuri di Purwodadi adalah sebuah air terjun. Air terjun Widuri yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter, akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata alam dan air. Karena di Widuri Anda bisa bermain-main air sambil menikmati suasana pegunungan yang indah. Rasa sejuk akan selalu hadir disaat Anda mengunjungi air terjun Widuri.
Air terjun Widuri terletak di Desa Kemadoh Batur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Nah… untuk sampai ke lokasi air terjun, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

4. Air tejun Gulingan

Selain air terjun Gulingan, Purwodadi juga memiliki air terjun yang menawarkan keindahan yang sangat alami, yaitu air terjun Gulingan. Air terjun Gulingan terletak di Dusun Sandu, Desa Sedayu, Grobogan. Udara di air terjun Gulingan sangat menyejukkan, udara dan suasana yang sejuk dapat membuat Anda menjadi rileks. Selain itu Anda bisa mandi dan merasakan pijatan-pijatan air yang jatuh dari ketinggian.
Air terjun Gulingan tidak hanya menjadi obyek wisata, namun juga dijadikan sebagai tempat berkemah, outbound, hunting foto, area berolahraga dan lain-lain.

5. Sendang Coyo

Bagi Anda yang menyukai napak tilas, berkunjunglah ke Sendang Coyo. Karena menurut kepercayaan masyarakat di sekitar, tempat ini adalah sendang petilasan Sunan Kalijaga. Sendang Coyo terbentuk dari sisa tancapan sebuah tongkat milik Sunan Kalijaga ketika ia sedang dalam perjalanan menyebarkan agama Islam di Jawa.
Masyarakat setempat juga percaya bawa sendang Coyo dapat menjadikan awet muda bagi siapapun yang mandi di Sendang pada malam 1 suro.
Sendang Coyo berlokasi di Desa Mlowo Karang Talung, sekitar 20 kilometer ke arah tenggara dari kota Purwodadi. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke Sendang Coyo. Dan disarankan untuk memakai kendaraan yang tinggi, karena akses menuju Sendang masih kurang bagus.

6. Api Abadi Mrapen

Api Abadi merupakan api yang terus menerus menyala dan tidak pernah padam meskipun diguyur hujan. Mungkin Anda pernah mendengar Api Abadi yang terletak di Madura, namun di Purwodadi juga terdapat Api Abadi, pada dasarnya Api Abadi adalah sebuah fenomena alam yang berupa lubang dan mengeluarkan gas alam lalu terbakar di udara.
Yang menariknya lagi, Api Abadi Mrepen juga pernah dijadikan diberbagai event nasional, seperti Pesta Olahraga Internasional Ganefo pada tahun 1963, PON (Pekan Olahraga Nasional pada tahun 1983 dan lain-lain. Selain digunakan dalam event-event olahraga, Api Abadi juga kerap digunakan untuk perayaan Hari Waisak.
Lokasi Api Abadi Mrepen terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Odong, Grobogan Jawa Tengah.

7. Masterpark

Wahana air Master Park sangat cocok bagi liburan Anda bersama keluarga tercinta ataupun teman-teman. Karena di Masterpark Anda dapat bermain-main sembari bersantai ria untuk melepas penat. Di Master Park juga tersedia sungai buatan yang berarung jeram dan simulasi pesawat Boeing yang juga menyediakan sinematik tiga dimensi.

8. Bledug Kuwu

Tempat wisata di Grobogan selanjutnya adalah Bledug Kuwu, tempat wisata ini tidak dapat anda temukan di tempat lain, tempat wisata yang tergolong unik ini merupakan sebuah kawah lumpur yang terdapat letupan dalam beberapa waktu, orang datang ke tempat ini biasanya duduk sambil menunggu indahnya letupan dalam kawah tersebut.

9. Gua Macan dan Lowo

Gua macan dan lowo merupakan salah satu tempat wisata di Grobogan, tempat wisata ini merupakan sebuah gua yang terbentuk secara alami, Grobogan terdapat sebuah gunung batu kapur yang didalamnya terdapat beberapa gua salah satunya gua macan dan lowo ini, Gua ini memang berbeda diambil dari hewan yang dulunya pernah menghuni tempat tersebut. Gua ini terdapat di Desa Sedayu Kecamatan Sedayu. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini untuk menikmati indahnya Gua Macan dan Gua Lowo.

10. Cindelaras Purwodadi

Tempat wisata di Grobogan selanjutnya adalah Cindelaras, terdapat di Desa Bandungharjo Kecamatan Toroh. sebuah waduk yang dikelola oleh perhutani ini ternyata memiliki pemandangan yang indah, dengan keadaan yang masih terbilang alami banyak wisatawan datang ke tempat ini pada hari libur.

Leave a Comment